Inverator Atau Soft Start Paling Recomended

Inverator Atau Soft Start Paling Recomended

Inverator Atau Soft Start Paling Recomended - Inverator adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengatasi meteran listrik "jeglek" atau "trip". Yang dimaksud jeglek atau trip adalah kondisi dimana MCB meteran akan turun saat kita mencolok peralatan listrik semisal komputer atau PC, TV, Kulkas dan sebagainya.

Jadi saat peralatan listrik dicolok, maka akan terjadi lonjakan arus yang cukup tinggi melebihi kapasitas meteran, yang mengakibatkan listrik terputus. Hal ini bukanlah sesuatu yang bagus karena merepotkan dan yang paling parah adalah bisa merusak peralatan elektronik seperti komputer.

Jeglek biasanya menyerang meteran listrik berkapasitas rendah seperti meteran 450 VA dan 900 VA yang menggunakan banyak peralatan listrik. Saat alat lain seperti komputer dicolok akan membutuhkan lonjakan arus tinggi singkat yang melebihi kapasitas meteran akan berujuk meteran jeglek.

Inverator adalah pilihan alat anti jeglek listrik 900 watt maupun 450 watt terbaik yang harus dipasang agar tidak mengganggu aktivitas harian yang menggunakan perangkat elektronik. Selain itu alat ini bisa meminimalisir potensi kerusakan alat elektronik karena power cutt yang terjadi secara tiba-tiba.

Apa Itu Inverator Atau Soft Start?

Inverator adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengurangi arus awal yang tinggi ketika peralatan elektronik dihidupkan. Arus awal yang tinggi dapat terjadi karena komponen elektronik memerlukan waktu untuk mencapai kondisi operasionalnya yang optimal dan ini dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan dan jaringan listrik.

Alat soft starter dirancang untuk mengatasi masalah ini dengan mengurangi arus awal yang terjadi ketika peralatan dihidupkan. Alat ini bekerja dengan cara memasukkan arus ke peralatan secara bertahap, sehingga peralatan dapat mencapai kondisi operasionalnya yang optimal dengan aman dan tanpa merusak jaringan listrik.

Alat soft start dapat digunakan pada berbagai peralatan listrik, seperti motor listrik, kompresor udara, dan pompa air. Dengan menggunakan alat ini, umur peralatan dapat diperpanjang dan biaya perawatan dapat dikurangi.

Baca Juga: Penyebab Monitor PC Nyala Mati (Restart)

Cara Kerja Inverator

Secara umum, alat soft start bekerja dengan mengontrol arus yang masuk ke peralatan listrik ketika peralatan tersebut dihidupkan. Alat ini akan membatasi arus awal yang terjadi saat peralatan dihidupkan, sehingga peralatan dapat mencapai kondisi operasionalnya yang optimal dengan aman dan tanpa merusak jaringan listrik. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara kerja alat soft start:

1. Fungsi kapasitor

Alat soft start dilengkapi dengan kapasitor yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Kapasitor ini akan mengisi dirinya dengan energi listrik yang cukup ketika peralatan listrik dihidupkan.

2. Batasan arus listrik

Setelah kapasitor terisi dengan energi listrik yang cukup, alat soft start akan membatasi arus listrik yang masuk ke peralatan listrik. Pembatasan ini dilakukan dengan memanipulasi tegangan listrik yang masuk ke peralatan.

3. Pengurangan tegangan

Alat soft start akan memperkecil tegangan listrik yang masuk ke peralatan listrik secara bertahap, sehingga arus yang masuk ke peralatan listrik juga akan berkurang secara bertahap. Dengan begitu, peralatan listrik dapat mencapai kondisi operasionalnya yang optimal tanpa merusak jaringan listrik.

4. Pengaturan waktu

Alat soft start dilengkapi dengan timer atau pengatur waktu yang dapat mengatur berapa lama pembatasan arus listrik akan berlangsung. Pengatur waktu ini akan memastikan bahwa arus listrik yang masuk ke peralatan listrik akan terus berkurang hingga mencapai nilai normal, sehingga peralatan dapat beroperasi dengan aman dan terlindungi dari kerusakan.

Dengan demikian, alat soft start membantu melindungi peralatan listrik dari kerusakan dan memperpanjang umur peralatan. Alat ini juga membantu mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan efisiensi penggunaan energi listrik.

Rekomendasi Inverator Atau Soft Start Terbaik

Ada banyak sekali inverator atau Soft Start yang bisa ditemukan di toko elektronik maupun toko online. Harganya juga bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai jutaan. Namun perlu diketahui, banyak juga Soft Start yang memiliki kualitas sangat buruk bahkan palsu yang dijual.

Berikut ini adalah produk Inverator yang sudah kami coba dan terbukti bisa mengatasi jeglek saat mencolok komputer/PC, menghidupkan TV dan alat elektronik lainnya pada meteran listrik 450 VA:

1. International SORJ

Inverator Atau Soft Start Paling Recomended

>> Beli Sekarang <<

Merupakan alat Sof Start yang diklaim mampu menghemat daya starting hingga 70% dengan sistem delay timer. Harga alatnya juga terbilang cukup murah.

  • Penghemat daya starting hingga 70% dengan sistem delay timer
  • Menahan lonjakan awal (start) arus listrik setiap kali mesin / motor listrik bekerja
  • Mengurangi kejadian MCB trip (njeglek) pada rumah dengan daya listrik kecil
  • Bekerja otomatis dengan tidak ada pengurangan tegangan dan tidak mengkonsumsi daya (0 Watt) karena Tegangan Keluar = Tegangan Masuk
  • Kabel kualitas tinggi RoHS Free, ISO 9001:2008, dengan standard SNI 04-6629:2001
  • Seluruh plastik berstandard  ABS High Heat, tidak memicu kobaran api (FR Resistance) dan ber-SNI
  • Kapasitas Maksimal 2 Amp (REAL)/440 Watt dan Input Voltase 110-230 V, 50-60 Hz
  • AC Outlet (colokan) berkualitas tinggi memakai plat Cadmium-Bismuth, tahan hingga 1 juta tusukan
  • Cocok untuk mesin cuci, kulkas, pompa air, vacuum cleaner, blender, dan semua mesin listrik yang sering nyala-mati hingga 440 Watt

Faq

Berikut ini pertanyaan seputar Inverator yang sering muncul:

Q: Apakah Inverator betul-betul bisa mengatasi meteran jeglek?
A: Iya, secara teknis Inverator terbukti mengatasi meteran jeglek.

Q: Apakah Inverator mahal?
A: Tergantung dengan kualitas inveratornya.

Q: Apakah Inverator bisa menghemat biaya listrik?
A: Iya, namun tidak signifikan jadi jangan berharap biaya listrik bulanan akan menjadi berkurang banyak karena alat ini.

Penutup

Inverator Atau Soft Start merupakan perangkat elektronik yang sering digunakan untuk mengatasi lonjakan arus singkat tinggi yang menyebabkan meteran listrik jeglek atau trip saat alat elektronik seperti komputer atau PC, kulkas, TV dicolok ke colokan listrik.

Jadi bagi Anda yang meterannya sering jeglek, cukup gunakan alat ini dijamin masalah jeglek akan teratasi. Namun perlu diperhatikan bahwa alat ini tidak bisa digunakan dengan tujuan untuk menghemat penggunaan listrik agar biaya bulanan turun, pasalnya itu bukan fungsi utama alat ini.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan