Degradasi Karakter Yun Yun, Para Penggemarnya Harus Rela

Degradasi Karakter Yun Yun, Para Penggemarnya Harus Rela

Yun Yun merupakan salah satu karakter yang keberadaannya cukup penting dalam serial donghua Battle Through The Heavens a.k.a BTTH. Karakter ini sendiri mulai aktif diperkenalkan pada BTTH edisi Episode Spesial (BTTH Spesial 1).

Episode khusus animasi ini disiarkan di Tencent Video pada tanggal 30 September 2017, dengan total 2 episode. Alur ceritanya berkisah tentang Xiao Yan bertemu dengan Yun Yun di Pegunungan Dunia World of Warcraft, menjembatani kesenjangan antara episode kedua dan ketiga dari season kedua.

Pada episode Spesial 1 ini Xiao Yan, Yao Lao dan Yun Yun menjadi karakter utama. Episode ini juga membangun karakter Yun Yun dan menemantapkan posisinya sebagai salah satu karakter penting dalam alur cerita BTTH. Pasalnya antara Yun Yun dan Xiao Yan terbangun ikatan "romantisme". Tidak hanya itu, karakter Yun Yun juga berhasil membangun fan base yang cukup besar.

Pada season berikutnya yaitu melompat ke season 3, Yun Yun kembali muncul sebagai karakter pendukung. Walaupun hanya sebagai SC (Supporting Charakter), namun kehadiran Yun Yun semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu karakter yang sangat influental untuk MC. Adegan cipokan di area gurun menunjukkan dimana basis poisisi Yun Yun dalam cerita.

Sosok Yun Yun berikutnya muncul pada episode spesial BTTH Spesial 3: Three Year Agreement. Pada episode ini sosok Yun Yun kembali ditampilkan dalam posisi yang penting. Di episode akhir, Ia dan MC kembali memamerkan adegan mesra dan membuat terenyuh. Pasalnya cinta antara Yun Yun dan Xiao Yan bak kisah Romeo dan Juliet.

Degradasi Karakter Yun Yun

Xiao Yan dan Yun Yun di Season 3
Xiao Yan dan Yun Yun di Season 3

Menjadi MC pada spesial 1 dengan segala adegan romantisnya yang berlanjut ke season 3 dan spesial membangun image heroine pada karakter Yun Yun. Kalau tidak salah ingat salah satu akun di weibo, Yun Yun memang sempat diperkenalkan sebagai salah satu dari tiga heroine bersama Xun'er dan Medusa.

Namun bagi yang sudah atau sedang membaca novel sumbernya, pasti sudah tahu bagaimana posisi Yun Yun di akhir novel. Karakter yang awalnya sangat spesial perlahan-lahan pengaruhnya memudar. Dan hal ini yang menjadi alasan mengapa karakter Yun Yun didegradasi dalam adaptasi donghua.

Apasih maksud "degradasi" ini? simpelnya degradasi adalah penurunan status karakter, dari yang awalnya spesial dirubah menjadi biasa, kurang lebih seperti itu.

Sebagai bagian yang tidak spesial di akhir cerita, tentu akan menjadi pertimbangan bagi penulis naskah dalam menentukan bagaimana pengembangan karakter Yun Yun kedepannya. Image yang sangat spesial yang berhasil dibangun pada BTTH Spesial 3 apakah harus dipertahankan atau didegradasi dan pada akhirnya apa yang admin tangkap adalah degradasi.

Pada musim ke 5, BTTH Nian Fan: The Final Battle of Yunlan sosok Yun Yun mulai diturunkan statusnya. Ia tampil sebagai karakter buangan. Pasalnya beberapa adegan yang seharusnya menjadi miliknya tidak ada, walaupun adegan itu hanyalah adegan berbicara saja, namun ini cukup bagi admin untuk menganggapnya sebagai tanda-tanda proses penurunan status.

Adegan berikutnya yang terjadi di bukit belakang sekte Yunlan, Xiao Yan datang atas permintaan Yun Yun dan keduanya berbicara banyak. Yun Yun berniat untuk pamit kepada Xiao Yan setelah pembubaran sekte Yunlan. Ia menyebutkan kembali kejadian yang terjadi di dalam gua dengan Xiao Yan.

Momen Perpisahan Xiao Yan dan Yun Yun
Momen Perpisahan Xiao Yan dan Yun Yun

Kata-kata Yun Yun tersebut lantas membuat Xiao Yan mengenang masa lalu dan kemudian memeluk Yun Yun. Adegan berpelukan di tepian bukit ini merupakan bukti bahwa rasa cinta Xiao Yan. Sayangnya adegan ini tidak ditampilkan dalam adaptasi animasinya, yang ada hanya tatap-tatapan saja. Salah satu bentuk degradasi yang sangat blatan. Tapi setidaknya pihak studio masih memberikan rasa hormat dengan menampilkan flashback momen Xiao Yan dan Yun Yun.

Lalu sebenarnya apa penjelasan dari degradasi ini? Berikut ini adalah opini admin saja ya.

1. Masa depan Yun Yun sudah jelas, Ia tidak menjadi istri Xiao Yan

Romatisme Xiao Yan dan Yun Yun pasti membuta banyak penggemar bertanya apakah Yun Yun akan menjadi istri Xiao Yan? Bagi para penggemar yang sudah membaca novel BTTH pasti sudah tahu bagaimana status Yun Yun di akhir cerita. Meski dalam alur cerita Xiao Yan dan Yun Yun sering menunjukkan kemesraan namun keduanya tidak akan menikah. Rasanya seperti sebuah cacat yang besar. Bayangkan, dari spesial 1 sampai spesial 3 adegan romantis kerap ditampilkan namun pada akhirnya keduanya tidak bisa bersama.

Jujur saja, rasanya tidak habis pikir juga, padahal dalam cerita keduanya memiliki perasaan yang sangat dalam satu sama lain namun mereka harus dimasukkan dalam tempurung takdir kejam oleh Tian Can Tu Dou selaku otak di balik novel BTTH. Plot ini juga menjadi twister bagi perasaan penggemar. Meskipun di akhir cerita Yun Yun pada akhirnya diajak untuk tinggal di kota yang sama oleh Xiao Yan (bukan serumah ya).

Jika Yun Yun memiliki masa depan yang jelas seperti itu maka buat apa dipertahankan sebagai sosok spesial?. Mungkin pertanyaan itu yang muncul di benak penulis naskahnya. Agar kespesialnnya memudar maka sosok Yun Yun harus didegradasi dalam cerita. Sosoknya harus dibuat tidak penting-penting amat. Adegan yang terkait dengannya harus dikurangi, mulai dari berbicara sampai adegan lainnya.

2. Menghindari Fanbase Yun Yun yang semakin brutal

Percaya atau tidak, Yun Yun memiliki basis penggemar yang cukup besar. Di Weibo, salah satu fans page Yun Yun berhasil mengumpulkan hingga 148 ribu pengguna setia. Angka ini sangat mengesankan dan bahkan bisa dibilang bahwa Yun Yun berada di peringkat ketiga atau keempat terbesar di antara semua fans page karakter BTTH yang ada di Weibo.

Namun, yang mungkin lebih mengejutkan adalah intensitas komitmen dari para penggemar BTTH di China. Mereka bukan hanya sekadar menggemari karakter favorit mereka, tetapi juga bersedia melakukan penghinaan online apabila karakter tersebut dirugikan dalam cerita. Tindakan ini memang bisa menjadi indikator buruknya popularitas sebuah serial, terutama jika mendapat review buruk dan rating rendah yang diberikan oleh penggemar yang kecewa.

Oleh karena itu, untuk menghindari dampak negatif seperti ini, pengelola serial BTTH harus menjaga keseimbangan dalam perkembangan karakter Yun Yun. Proses degradasi yang sedang berlangsung sekarang tampaknya menjadi strategi yang bijak untuk memastikan kesinambungan popularitas karakter tersebut tanpa merusak hubungan dengan penggemar yang fanatik.

Karakter Yun Yun Sebenarnya Bisa Diselamatkan...

Momen Xiao dan Yun Yun DI BTTH Spesial 3, Three Year Agreement
Momen Xiao dan Yun Yun DI BTTH Spesial 3, Three Year Agreement

Percaya atau tidak, karakter Yun Yun sebenarnya bisa diselamatkan. Apalagi statusnya di akhir novel yang "diajak oleh Xiao Yan" menjadi kalimat yang sangat potensial untuk dikembangkan. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan membuat episode spesial original. Seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Memang ada?

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa salah satu episode spesial dalam serial donghua BTTH merupakan karya original yang dibuat oleh Zhao Bingle selaku sutradara sekaligus penulis naskah. Karya original yang dimaksud di sini adalah karya yang dibangun bukan dari plot yang tersedia karena plot tersebut memang tidak ada dalam karya originl (novelnya).

Espisode spesial tersebut adalah BTTH Spesial 2: Song of Desert yang terdiri dari 3 episode dengan Hai Bodong sebagai karakter protagonistnya. Dalam novel hanya disebutkan saja bahwa Hai Bodong pernah bertarung dan disegel oleh Ratu Medusa. Tidak detail mengenai hal tersebut, baik adegan maupun percakapan. Namun Zhao Bingle berhasil mengembangkan mention tersebut menjadi cerita yang kompleks.

Dalam episode spesial ini karakter baru yang sama sekali tidak ada dalam novel ditambahkan, contohnya Die Ba saudara Medusa. Die Ba yang dipaksa membunuh Medusa karena dalam suku ular Ratu hanya boleh ada satu. Die Ba memilih kabur dan bertemu Hai Bodong. Ia juga menjadi alasan mengapa Hai Bodong disegel oleh Medusa.

Berkaca dari hal ini kita sebenarnya sudah bisa mengatakan bahwa karakter Yun Yun bisa diselamatkan, caranya tentu membuat episode spesial dimana plot utama dalam cerita ini adalah Xiao Yan dan Yun Yun menikah. Namun hal ini tentu membutuhkan kreativitas dalam penyususnan naskahnya serta ijin dari Tian Can Tu Dou selaku penulis novel.

Namun melihat kapasitas tim yang sedang mengerjakan proyek BTTH Nian Fan ini rasanya tidak mungkin mereka mampu melakukan hal tersebut. Yang ada sekarang saja kualitasnya bisa dibilang sangat buruk dan menjadi bahan ejekan fans di China sana, boro-boro mau bikin karya original. Kecuali proyeknya dikerjakan oleh orang-orang sekaliber Zhao Bingle!

Harapan

Yun Yun merupakan salah satu karakter yang memiliki peran penting dalam alur cerita BTTH. Pasalnya Ia dan karakter Utama memiliki hubungan romantisme yang terjalin sejak BTTH Spesial 1. Sayangnya karakter ini mengalamai pemaksaan penurunan status atau degradasi karakter. Tentu hal ini adalah sesuatu yang cukup menyedihkan. Harapan admin kedepannya, serial ini bisa bangkit dari keterpurukan yang sedang dialami saat ini. Jangan lupa baca artikel donghua lainnya di blog ini.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan