Melegakan Local Disk (C:) dengan menghapus Crash Report Mozilla

Sebagai pengguna setia mozilla firefox, akhir-akhir ini sering merasa jengkel terhadap kinerja browser ini.

Bagaimana tidak, hanya membuka tiga tab saja penggunaan RAM sudah mencapai 90% lebih. Ujung-ujungnya laptop menjadi ngelag atau kadang browser crash (berhenti secara tiba-tiba).

Untuk menutup browser yang tidak merespon ini saya musti menggunakan task manager kemudian memberhentikannya secara paksa. Saya tidak tahu sumber permasalahannya dimana.

Update-tan terbaru sudah terpasang, add-on tambahan sudah dibuang, namun tetap saja browsernya crash saat digunakan.

Yang lebih parah, setiap terjadi crash maka secara oitomatis browser akan membuat sebuah report tentang crash ini.

Apa itu Mozilla Crash report
Mozilla crash report secara sederhana ialah sebuah laporan yang akan muncul pada saat browser Mozilla berhenti secara tiba-tiba. Prosesnya dihandel oleh sebuah aplikasi browser ini yang bernama mozilla crash reporter.

Jadi pada saat mozilla berhenti secara tiba-tiba, maka mozilla crush reporter (crushreporter.exe) akan membuat laporan semacam log tentang sumber permasalah mengapa browser bisa berhenti secara tiba-tiba.

Nah laporan inilah yang kemudian bisa kita kirimkan ke tim engineer Mozilla untuk ditindaklanjuti, untuk menemukan sumber permasalahan yang muncul. Laporan ini juga yang akan digunakan oleh pihak engineer Mozilla untuk setiap perbaikan pada pembaharuan terbaru.

Kebanyakan dari kita akan mengabaikan dan tidak meng-submit crash report ini. Ujung-ujungnya akan menjadi file sampah di dalam drive sistem kita. File cash ini berekstensi *.dump, ukurannya berkisar dari 40 kb - 500 kb. Jadi bayangkan saja jika file ini menumpuk sampai ratusan buah, bisa bergiga-giga ukurannya.

Dalam khasus saya, crash reports ini ukurannya 400 MB. Kalian bisa melihatnya pada direktori: C:\Users\Nama-User-Sistem-Kalian\AppData\Roaming\Mozilla\Firefox\Crash Reports

Cara menghapus Mozilla crash reports
Salah satu yang mungkin menjadi pertanyaan yang muncul di pikiran kalian apakah aman menghapus file crash ini?

Jawabannya adalah aman

Untuk bisa menghapusnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Buka browser Mozilla Firefox
2. Pada kolom adress bar ketikkan about:crashes
3. Silahkan klik pada tulisan "Remove All Reports" pada bagian kanan atas
4. Done

Mozilla Crash Reports
about:crashes


Melegakan Local Disk C dengan menghapus Crash Report Mozilla
space bertambah

Dengan menghapus file crash reports kita bisa melegakan ruang penyimpanan dan sistem lokal disk C. Semoga artikel ini bisa bermanfaat
lihat Komentar