Bisakah Mendapatkan Skor 100/100 Untuk YSLOW?

Memiliki template dengan skor 100/100 untuk Pagespeed dan 100/100 untuk Yslow Gtmetrix tentu menjadi hal yang sangat luar biasa. Namun kebanyakan template yang dibagikan gratis tidak ada yang mampu mendekati skor ke dua patokan uji di atas terutama untuk skor Yslow.

Kecuali untuk skor Pagespeed, banyak template gratisan seperti buatan kang Adhy Suryadi dari kompiajaib.com sudah bisa mencapai skor 100/100. Kalau teman-teman menguji template buatan kompiajaib seperti kompitext skornya mungkin hanya 97/100. Itu karena ada beberapa baris skript seperti google analytics yang terpasang. Jika skrip itu tidak ada saya yakin skornya bisa mencapai 100/100.

Cara mempercepat loading blog

Template lain yang mencapai skor pagespeed dengan skor sempurna 100/100 adalah template bernama Pinktong yang saya rilis. Tidak hanya skor pagespeednya yang sempurna tetapi juga skor Yslow-nya yang mencapai 98/100.

Namun perlu diingat bahwa skor sempurna yang ditampilkan semua template itu adalah halaman index. Menurut saya pribadi hal itu sebenarnya tidak adil karena jika kita berpatokan pada halaman yang ditampilkan atau berasal dari mesin pencari umumnya adalah halaman postingan. Namun karena kebanyakan pembuat template menggunakan halaman homepage sebagai patokan yah saya ikut saja.

Kebanyakan template blogger yang masih memiliki skrip dan css bawaan sangat sulit mendapat skor Yslow yang tinggi. Paling mentok pada grade B dengan skor 80-an/100. Sedangkan template seperti pinktong dikustom sedemikian rupa sehingga skrip dan css bawaannya tidak dimuat. Tidak heran jika skor pagespeed dan yslownya tinggi.

Lalu pertanyaannya apakah skor yslow ini bisa didongkrak hingga skornya bisa mencapai angka sempurna 100/100?

Jawabannya adalah bisa. Namun mendongkrak skornya menjadi 100/100 mengharuskan kita untuk mengorbankan beberapa hal.

Coba kita perhatikan hasil pengujian yslow template pinktong dibawah ini.

Cara mempercepat loading blog

Pada sesi expire header.. skornya hanya 89 dan reduce DNS lookup 90. Kedua parameter inilah yang menjadi hambatan mengapa skor yslow pinktong mentok pada angka 98/100.

Jika kita perhatikan sesi expire header, yang membuat skornya mentok di angka 89 adalah penggunaan font kustom. Sedangkan untuk sesi Reduce DNS lookup ada beberapa poin yaitu:

  • pinktong.blogspot.com: 2 components, 101.6K (24.4K GZip) 
  • fonts.googleapis.com: 1 component, 4.4K (0.5K GZip) 
  • resources.blogblog.com: 1 component, 0.4K 
  • 2.bp.blogspot.com: 6 components, 70.6K 
  • 1.bp.blogspot.com: 5 components, 79.0K 
  • 4.bp.blogspot.com: 3 components, 31.5K

Pada poin-poin di atas yang dominan adalah font dan gambar. Jadi cara pasti agar skornya bisa mencapai 100 yaitu dengan meniadakan font kustom dan gambar pada halaman index.

Menghilangkan font kustom dan menggantinya dengan font sistem bukanlah masalah. Justru menjadi solusi yang bagus untuk mempercepat pemuatan halaman. Silahkan baca artikel dari kompiajaib tentang penggunaan font sistem untuk lebih jelasnya.

Yang menjadi pertanyaan jika gambar dihilangkan pada halaman index apakah akan berpengaruh terhadap seo?. Saya mungkin bukan ahli seo, namun bagi saya yang terpenting adalah gambar pada halaman postingan ada. Jadi menurut saya pengaruhnya tidak ada. Jika ada teman-teman yang ahli untuk urusan seo silahkan koreksi pendapat saya.

Sebagai bahan pengujian, pada template kustom yang basis kodenya saya ambil dari template pinktong ini, font kustom dan gambar pada halaman index saya hilangkan dan benar saja, skor yslow-nya mampu menyentuh skor sempurna 100/100.

Cara mempercepat loading blog
Cara mempercepat loading blog

Sangat luar biasa, skor pagespeed 100/100 dan yslow 100/100. Hal yang pastinya sangat menggembirakan bagi teman-teman blogger yang berorientasi pada kecepatan pemuatan blog.

Peruntukan template yang hanya text saja pada halaman index
Pada template kebanyakan teman-teman blogger menggunakan gambar pada halaman indexnya. Kebanyakan gambarnya hanya sebagai hiasan saja. Lihat saja pada blog goinsan ini. Gambar hanya sebatas pemanis saja.

Tapi semuanya kembali ke selera masing-masing saja. Jika teman-teman merasa gambar pada halaman index tidak terlalu penting maka bisa ditiadakan untuk mencapai skor maksimal. Namun jika teman-teman merasa bahwa gambarnya penting maka biarkan saja seperti itu.