Peppermint Oil tapi bukan dari peppermint?

- Diupdate November 08, 2021
Peppermint Oil

Peppermint Oil adalah minyak atsiri yang dihasilkan dari daun Peppermint (Mentha x Piperita). Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama Pepermin, Min atau Daun Mint.

Peppermint Oil memiliki aroma yang khas yang bisa disebut bau min serta rasa yang dingin. Karakteristik yang khas ini berasal dari kandungan mentholnya. Kandungan utamanya sendiri adalah Menthol dan Menthan.

Peppermint Oil diperoleh dengan melakukan ekstraksi pada daun pepermin menggunakan metode penyulingan. Minyak aromatik ini digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk aroma terapi, kesehatan dan sebagainya.

Manfaat Peppermint Oil

Berikut ini beberapa manfaat dari Peppermint Oil yang saya kutip dari sirus sehatq

  1. Meringankan gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)
  2. Meredakan sakit maag
  3. Mengurangi rasa mual
  4. Meredakan sakit kepala
  5. Menyegarkan napas dan menjaga kesehatan mulut
  6. Mendorong pertumbuhan rambut
  7. Mengurangi rasa gatal
  8. Melegakan pernapasan

Peppermint Oil tapi bukan dari tanaman peppermint?

Untuk mendapatkan Peppermint Oil sangat mudah. Kita bisa mendapatkannya di toko yang menyediakan minyak herbal. Kita juga bisa membelinya secara online.

Ada banyak toko online di marketplace besar seperti tokopedia, Shopee dan sejenisnya yang menjual minyak aromatik ini. Namun kita sebagai pembeli harus lebih teliti sebelum membelinya.

Sebelum membeli pastikan dulu melihat deskripsi produk yang dijual tersebut. Karena percaya atau tidak, banyak produk yang dijual bertuliskan "Peppermint Oil" atau "Peppermint Essential Oil" tapi ternyata diekstrak dari tanaman yang bukan Peppermint.

Saat dicek di deskripsi ternyata produk tersebut berasal dari tanaman Mentha Arvensis. Tanaman ini sendiri masih sepupuan dengan Peppermint dari genus Mentha.

Kalau jenis tanaman sumbernya tidak disebutkan di deskripsi kita bisa mengrimkan pesan ke toko penjualnya, tanyakan detailnya agar tidak salah beli.

Entah kenapa banyak penjual yang menggunakan label Peppermint Oil tapi isinya ternyata dari tanaman berbeda. Ini jelas tipu-tipu menurut saya. Karena penasaran, saya mencoba menchat toko yang menjual Peppermint Oil yang tidak memiliki deskripsi yang jelas.

Kata penjualnya

Respon dari admin tokonya seperti ini:

"Peppermint Oil itu memiliki banyak tipe, ada yang dari Piperita, Arvensis, Spearmint..."

Lah kok gitu? Padahal saya belum pernah mendengar atau melihat tulisan yang mengatakan bahwa kata "Peppermint Oil" adalah kluster minyak yang bisa berupa Peppermint Oil, Cornmint Oil, Speramint Oil (koreksi jika saya salah).

Padahal dari kata-katanya saja jelas, "Peppermint Oil" seharusnya berasal dari daun Peppermint, bukan Cornmint, atau Spearmint.

Jadi buat kalian yang ingin membeli Peppermint Oil baik secara offline maupun online, sebaiknya teliti terlebih dahulu, luhat deskripsi atau tanya penjualnya mengenai kandungannya.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan