Peppermint Oil Palsu?

- Diupdate November 08, 2021
Peppermint Oil Palsu?

Beberapa waktu yang lalu saya membeli Peppermint Oil di salah satu marketplace. Harganya cukup murah dibandingkan dari yang saya beli sebelumnya di toko lain. Apakah Peppermint yang saya beli palsu?

Apa itu Peppermint Oil?

Peppermint Oil merupakan minyak esensial yang cukup mudah ditemukan di toko-toko online. Minyak esensial ini adalah minyak atsiri yang dihasilkan dari daun Peppermint (Mentha x Piperita). Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama Pepermin, Min atau Daun Mint.

Peppermint Oil memiliki aroma yang khas yang bisa disebut bau min serta rasa yang dingin. Karakteristik yang khas ini berasal dari kandungan mentholnya. Kandungan utamanya sendiri adalah Menthol dan Menthan.

Manfaat Peppermint Oil

Peppermint Oil banyak digunakan sebagai bahan aroma terapi dan ramuan herbal kesehatan. Hal tersebut karena kandungannya yang dinilai memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari Peppermint Oil:

  1. Meringankan gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)
  2. Meredakan sakit maag
  3. Mengurangi rasa mual
  4. Meredakan sakit kepala
  5. Menyegarkan napas dan menjaga kesehatan mulut
  6. Mendorong pertumbuhan rambut
  7. Mengurangi rasa gatal
  8. Melegakan pernapasan

Harga Peppermint Oil

Harga Peppermint Oil sendiri bervariasi. Secara asal katanya ditentukan dari beberapa hal. Seperti kesuburuan/kesehatan dari tanaman Peppermintnya, tempat kultivasi, prosese destilasi karena hal tersebut akan menghasilkan Peppermint Oil dengan kualitas yang bagus.

Untuk yang dijual di toko-toko di maketplace bisa sangat berbeda-beda. Contohnya Peppermint Oil yang saya beli harganya lebih murah 50% dari yang sebelumnya saya beli. Apakah ada kemungkinan itu barang palsu?

Hal-hal yang mepengaruhi harga Peppermint Oil

Tidak selamanya harga murah berarti apa yang kita beli itu palsu. Ada beberapa faktor menurut saya yang bisa menyebabkan mengapa harga Peppermint Oil bisa murah atau sangat mahal seperti:

  1. Kualitas. Jadi meski Peppermint Oil sama-sama memiliki konsentrasi 100%, kualitas bisa saja berbeda. Misalkan Peppermint Oil yang diekstraksi dari dari tanaman Peppermint yang dari di lokasi A pada usia tertentu dengan yang berasal dari lokasi B pada usia tertentu akan menghasilkan komposisi senyawa kimia dengan persentase yang berbeda.
  2. Hasil kultivasi lokal. Peppermint Oil yang diekstraksi dari tanaman Peppermint yang ditanam di Indonesia umumnya harganya jauh lebih murah.
  3. Peppermint Oil Impor. Peppermint Oil yang diimpor dari luar negeri akan lebih mahal karena butuh biaya tambahan. Peppermint Oil yang berasal dari Amerika Serikat umumnya lebih mahal daripada yang berasal dari China atau Argentina.
  4. Brand (merek). Peppermint Oil dengan diproduksi oleh perusahaan yang memiliki brand yang terkenal harganya akan cenderung lebih mahal.
  5. Toko/penjual. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak toko yang menjual barang dagangannya dengan harga yang sangat mahal. Mereka membeli Peppermint Oil virgin dengan harga sekian kemudian mengemas ulang dan dijual dengan harga yang tinggi.
  6. Palsu atau Oplosan. Peppermint Oil palsu berarti yang dijual tidak memiliki kandungan Peppermint. Bisa saja dari tanaman Mentha Arvensis yang memiliki bau yang sama namun harganya lebih murah. Sedangkan Oplosan berarti Peppermint Oil yang konsentrasinya tidak lagi 100% tapi sudah ditambahkan dengan larutan lain. 

Apakah Peppermint yang saya beli palsu?

Sangat sulit untuk bisa mengetahui apakah Peppermint Oil itu palsu atau mungkin oplosan. Baik yang palsu maupun yang asli dari segi warna dan aroma sama saja. Akan sangat sulit untuk membedakan yang konsentrasinya 100% dengan yang 70%.

Butuh penciuman yang super tajam agar bisa membedakannya dan tentu saja memiliki penciuman super tajam ini adalah hal yang mustahil.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah Peppermint Oil itu asli atau palsu adalah membawanya ke laboratorium untuk diuji. Hasil yang diberikan sudah pasti akurat, asli atau palsu. Namun siapa yang mau baung tenaga dan waktu untuk memastikan 10 mL Peppermint Oil yang dibeli online asli apa palsu?

Seperti yang saya katakan sebelumnya akan sangat sulit bahkan mustahil bagi kita untuk mengetahui apakah Peppermint Oil yang dijual dengan harga murah itu asli atau palsu. Hal yang bisa kita lakukan hanyalah berserah dan percaya kepada penjual saja haha.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan