Tips Mengembangkan Startup untuk Pebisnis Pemula

- Diupdate November 02, 2021
Tips Mengembangkan Startup untuk Pebisnis Pemula

Apa saja tips mengembangkan startup yang bisa dilakukan pebisnis muda? Saat membangun sebuah usaha, tentunya Anda akan memetakan hal-hal penting yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan. Namun, adakalanya dibutuhkan tips secara rinci tentang strategi agar sebuah bisnis bisa berjalan maksimal. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai pebisnis muda. 

1. Membuat Job Desk Tim yang Terstuktur

Sering kali di berbagai jenis startup ada masalah yang awalnya terasa ringan, tetapi bisa menjadi penyebab banyak pegawai resign. Ini adalah double job atau pemberian pekerjaan di luar SOP seorang karyawan. 

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk membuat job desk tim yang terstuktur dan terukur. Jangan sampai satu orang mengerjakan terlalu banyak pekerjaan. Apalagi jika sudah tidak relevan dengan SOP dari latar belakang divisinya. 

2. Menaati Timeline yang Sudah Ada

Pastinya seorang pebisnis akan memiliki timeline usaha sendiri. Karena sudah membuatnya dan menyepakati bersama anggota tim, maka sangat penting untuk menaati kegiatan sesuai jadwal. 

Apabila ada yang terlambat atau tidak sesuai, segera lakukan evaluasi dari sisi mana keterlambatan tersebut terjadi. Sehingga, masalah bisa segera diselesaikan tanpa harus menghambat perkembangan dari bisnis startup Anda. 

3. Mencari Cara Lain Jika Strategi Gagal

Banyak orang yang mengalami gulung tikar ketika mengembangkan bisnis karena setelah gagal dalam satu step, cara yang dipakai tetap sama. Tentunya risiko kegagalan yang kedua akan lebih besar dibanding jika menggunakan cara atau strategi lain. 

Karena itulah, buat plan B, C dan seterusnya untuk memastikan Anda tak kehabisan akal untuk penerapan strategi bisnis. Terutama jika Anda memiliki kompetitor yang andal dan mempunyai daya juang tinggi di sektor pasar sama. 

4. Melakukan Survei Terhadap Konsumen

Baik secara online maupun offline, survei kepuasan konsumen sangat penting dilakukan. Anda bisa memanfaatkan platform atau melakukannya secara langsung untuk melihat testimoni dari para pengguna produk atau layanan jasa. 

Dari beberapa tips mengembangkan startup di atas, manakah yang sudah Anda lakukan? Pastikan untuk selalu melakukan evaluasi dan mencari referensi terbaru agar bisnis semakin berkembang.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan