3 Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Liburan ke Tempat Dataran Tinggi

— Diupdate November 23, 2022
3 Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Liburan ke Tempat Dataran Tinggi

Indonesia terkenal akan kekayaan alamnya yang tiada habis, baik itu dari ujung Sabang hingga ke ujung Merauke. Iklim tropis dan konsisten setiap tahun menjadikan Indonesia satu dari sekian banyak negara di dunia, yang memiliki cuaca dan suhu hangat, sehingga sangat cocok untuk menjadi negara tujuan liburan.

Kekayaan alam Indonesia terkhusus wisata alam, terdiri dari berbagai macam. Mulai dari kekayaan pantai, laut biru, hingga pegunungan. Beberapa daerah Indonesia, seperti Tawangmangu hingga Lembang yang berlokasi di dataran tinggi ini, menjadikan tempat ini memiliki cuaca dan suhu lebih dingin, ketimbang kebanyakan tempat di Indonesia. Oleh karena dilabeli sebagai tempat wisata, Anda akan dengan mudah menemukan hotel di Tawangmangu atau hotel di Lembang.

Berbicara mengenai liburan di dataran tinggi, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, akan liburanmu menjadi lebih berkesan dan tentunya akan menjadi kenangan yang indah.

1. Tempat Penginapan

Pertama, pastikan tempat penginapan yang Anda pilih benar-benar nyaman, dan dapat memenuhi segala kebutuhanmu selama berliburan di dataran tinggi. Bagi orang-orang yang terbiasa dengan cuaca panas, tentu akan mengalami culture shock ketika berpindah posisi ke dataran tinggi.

Anda perlu memastikan bahwa kebutuhan seperti fasilitas di dalam kamar, makanan, hingga lingkungannya dapat membuatmu nyaman, dan tentunya merasa betah. Beberapa fasilitas hotel yang perlu Anda perhatikan seperti, pastikan bahwa hotel memiliki water heater, sehingga Anda tidak akan kedinginan ketika ingin berbilas dan mandi.

Selanjutnya, makanan yang disediakan memang bergizi dan tentunya tersedia makanan hangat berkuah, sehingga Anda akan selalu merasa hangat di sekitar udara dingin yang bikin menggigil.

2. Pakaian yang Akan Dibawa

Karena Anda akan berlibur di tempat dengan udara sejuk cenderung dingin, pastikan Anda memiliki pakaian hangat yang cukup, untuk selama momen liburan berlangsung. Bawalah beberapa helai pakaian tebal seperti jaket atau sweater, dan jangan lupa membawa alas kaki yang nyaman, seperti sepatu atau sandal.

Akan menjadi musibah, ketika Anda pergi ke tempat liburan dengan cuaca dingin dengan beberapa helai pakaian tipis. Bukannya bisa menikmati liburan secara semestinya, Anda akan merasa kedinginan dan tentunya dapat menyebabkan Anda menjadi sakit, sehingga momen liburan akan menjadi tidak terlalu berkesan.

3. Waktu Keberangkatan

Meskipun masih dalam satu negara, di Indonesia, bukan berarti Anda bisa menyepelekan cuaca yang ada di daerah-daerah yang Indonesia. Ada bagian Indonesia ketika cuaca memang sedang terik, akan ada masanya akan menjadi lebih terik.

Dan begitu pula sebaliknya, ketika ada bagian Indonesia memiliki cuaca dingin, akan ada masanya cuaca tersebut akan berubah menjadi lebih esktrem.

Oleh karena itu, pastikan bahwa ketika Anda hendak merencanakan liburan, Anda sudah memilih waktu yang tepat. Jangan sampai, Anda sudah membawa barang-barang yang sekiranya sudah dibutuhkan, tapi ternyata cuaca dan musim yang ada di tempat tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi Anda sebelumnya.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mencari tahu dan survei terkait cuaca serta musim di dataran tinggi tersebut.

Tak hanya itu, Anda juga penting untuk memperhatikan, apakah waktu liburanmu itu pas pada saat low season atau high season. Istilah low season merujuk kepada sebuah kondisi, ketika suatu tempat wisata sepi pengunjung, karena memang belum waktunya liburan.

Sedangkan high season merupakan istilah yang merujuk kepada suatu kondisi, ketika Anda pergi liburan pas pada waktu liburan nasional atau liburan sekolah.

Tentunya, akan sangat tidak nyaman untuk liburan sambil berdesak-desakkan dengan pengunjung lain. Tak hanya itu, semua fasilitas tentunya akan menaikkan harganya berkali-kali lipat, sehingga Anda butuh bujet lebih ketika liburan pada saat high season.

Apabila Anda memang ingin pergi pada saat high season, pastikan bahwa Anda telah merencanakan hal itu lebih awal, untuk menghindari kehabisan tempat penginapan atau malah menghadapi harga berkali-kali lipat dibandingkan hari-hari biasanya.

〰〰〰

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan Anda lakukan, ketika berencana untuk liburan ke dataran tinggi seperti Tawangmangu atau pun Lembang.

Apabila Anda memang memiliki rencana untuk pergi ke tempat tersebut, kini Anda dapat memilih tempat penginapan, membeli tiket pesawat, hingga membeli tiket tempat rekreasi wisata hanya melalui satu aplikasi, yaitu all-in-one Traveloka.

Tak hanya itu, di Traveloka juga tersedia berbagai macam promo serta deals, yang tentunya sangat menarik dan sangat sayang dilewatkan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera cek Traveloka di aplikasi atau di website resminya, ya!

Traveloka, #TemanHidup untuk lifestyle-mu yang menyediakan clean accommodation, bisa bayar saat check-in, dan hotel online check-in.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan