Wajah Xiao Yan dirubah di BTTH Season 5?

Wajah Xiao Yan dirubah?

Ya wajahnya benar-benar dirubah. Tapi perubahan yang admin maksud bukanlah perubahan setelah keluar dari kekangan Fallen Heart Flame. Tapi beberapa episode sebelum itu. Mungkin banyak yang sadar bahwa wajah karakter utama ini dirubah oleh pihak studio.

Xiao Yan merupakan karakter utama dalam serial donghua Battle Through The Heavens atau Doupu Changqion. Karakter ini sudah menemani penggemar selama 5 Season utama dan beberapa episode spesial. Dari segi design, tentu penggemar sudah tahu betul bagaimana wajah Xiao Yan (kecualikan design pada Season 1 karena beda studio).

Namun ada hal yang cukup mencengangkan yang terjadi pada BTTH Season 5 ini. Sebagai informasi, dari 52 episode ternecana di season 5 dibagi menjadi 2 part atau bagian. Part pertama sebanyak 27 episode dan sisanya dari episode 28 sampai episode 52 adalah part 2.

Yang sangat mencengangkan di part 2 ini adalah studio melakukan perubahan besar dan sangat gila pada desain wajah karakter utama, Xiao Yan. Entah para penggemar saat itu sadar atau tidak tapi admin sendiri langsung menyadari perubahan tersebut. Xiao Yan berubah menjadi orang lain!

Perubahan Wajah Xiao Yan

Pada part 2, tepatnya di episode 28 desain baru wajah Xiao Yan mulai digunakan. Desain baru itu terlihat berbeda 360 derajat dari wajah sebelumnya. Bisa admin katakan bahwa desain tersebut dicetak dari model yang berbeda. Iya, pasalnya kebanyakan desain pada donghua umumnya menggunakan wajah asli sebagai referensi. Mungkin saja termasuk desain wajah Xiao Yan.

Xiao Yan vs Nalan Yanran

Perubahan wajah Xiao Yan ini sangat membuat admin terkejut, pasalnya terjadi dengan sangat tiba-tiba. Admin bahkan harus kembali memutar episode sebelumnya untuk mencari tahu penyebab perubahan tersebut. Apakah perubahannya terkait peningkatan kekuatan ataukah karena memang dirubah secara sengaja oleh pihak studio dan tidak ada hubungannya dengan teknis pada jalan cerita.

#1. Komparasi Wajah Sebelum VS Wajah Baru

Berikut ini admin buat komparasi alias perbandingan wajah baru dengan wajah yang dipakai sebelumnya. Perubahaannya bisa dibilang berubah total meski ada beberapa bagian yang masih dipertahankan meskipun sangat minor.

Dari kedua komparasi gambar tersebut, bisa disimpulkan bahwa keduanya memang sangat berbeda. Pada desain baru, wajah Xiao Yan lebih kecil dan tegas dengan perubahan bentuk wajah (face shape) serta pelebaran rahang dan dagu yang menjadi lebih terdefinisi. Selain itu bentuk alis juga menjadi lebih pendek serta kedua mata yang lebih kecil serta tidak lagi slanted alias miring.

Selain itu banyak detail yang juga dihilangkan pada desain yang baru seperti detail highlight  (bagian terang/putih pantulan cahaya) dan lighting secara keseluruhan pada area wajah sehingga pada desain yang baru wajah Xiao Yan menjadi lebih flat dan pucat sehingga terlihat tidak hidup sama sekali.

Menurut admin flat-nya wajah baru ini karena ditambal oleh pihak studio untuk mengganti desain wajah sebelumnya secara terburu-buru sehingga banyak detail yang harus dikorbankan. Perhatikan gambar di bawah dan coba bandingkan bedanya.

komparasi desain wajah lama dan baru Xiao Yan
Komparasi wajah dari Btth Season 5 Part 1 vs Part 2. Terlihat perubahan desain yang besar dan penurunan kualitas dari segi facial detailing (Klik Untuk Memperbesar)
komparasi desain wajah lama dan baru Xiao Yan
Komparasi wajah dari Btth 3 Year Agreement vs Season 5 Part 2 (Klik Untuk Memperbesar)
komparasi desain wajah lama dan baru Xiao Yan
Komparasi wajah dari Season 5 part 1 vs Season 5 Part 2 (Klik Untuk Memperbesar)
Komparasi wajah dari Season 5 part 1 vs Season 5 Part 2 (Klik Untuk Memperbesar)
Komparasi wajah dari Season 5 part 1 vs Season 5 Part 2 (Klik Untuk Memperbesar)
Komparasi wajah dari Btth 3 Year Agreement vs Season 5 Part 2 Setelah Xiao Yan berhasil memurnikan fallen Heart Flame (Klik Untuk Memperbesar)

Di episode sekian, wajah Xiao Yan seperti sedikit diperbaiki sedikit mendekati wajah sebelumnya. Namun tetap saja wajah terlihat loyo dan konyol :)

Dari gambar perbandingan di atas, beberapa hal yang berubah yaitu:

  1. Face Shape
  2. Rahang
  3. Dagu
  4. Alis
  5. Mata
  6. Pencahayaan (lighting) pada wajah
  7. Kurang Manly

#2. Penyebab Wajah Xiao Yan Dirubah

Perubahan wajah karakter pada tiap season adalah hal umum dan lumrah terjadi. Pada season terbaru biasanya pihak studio akan melakukan update berupa perbaikan agar wajah karakter menjadi lebih bagus dan maksimal. BTTH juga seperti itu, terlepas dari season pertama yang sudah beda studio, spesial 1, season 2,3 pun wajah Xiao Yan berbeda dengan episode spesial 3 (Three Year Agreement), season 4 dan 5. Perubahannya pun bisa dikatakan pengoptimalan, upgrade menjadi lebih baik dan realistisk.

Lalu bagaimana di Season 5 ini?

Admin berharap menemukan jawabannya pada episode sebelumnya yaitu di episode 27. Karena banyak donghua dimana wajah karakternya berubah saat mengalami peningkatan ranah atau kekuatan, sebut saja Tang San dan kawan-kawan pada serial Soul Land atau Shi Hao pada serial Perfect World. Setelah mengalami peningkatan ranah kultivasi, wajah dari karakter tersebut mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Namun admin mendapati perubahan wajah Xiao Yan tidak terkait teknis jalan cerita sama sekali. Dari keseluruhan episode terakhir di part 1 ini tidak ada tanda-tanda sama sekali bahwa karakter utama ini mengalami perubahan karena peningkatan ranah setelah melewati tahapan kultivasi tertentu ataupun sejenisnya.

Jadi bisa admin simpulkan, pada part 2 yaitu dimulai pada episode 28, desain wajah Xiao Yan sudah menggunakan desain yang berbeda. Penyebabnya admin kurang tahu karena kurangnya sumber yang bisa admin jadikan referensi. Namun jika harus berasumsi, admin menyakini bahwa rujukan desain sebelumnya sedang bermasalah yang mengharuskan piha studio menggantinya.

Studio di dunia hiburan Cina memang sangat ketat. Beberapa waktu yang lalu, pada drama China Love of Thousand Years yang dibintangi Zhao Lusi, salah satu pemerannya Liu Lu kedapatan membawa Flammable Compressed Gas Can dalam jumlah yang melewati jumlah wajar yang diijinkan. Saat kedapatan, Ia melawan dan mengatakan ke petugas bahwa Ia adalah seorang publik figur.

Pihak produksi tidak tanggung-tanggung langsung memecat Liu Lu karena keaguduhan yang Ia buat. Semua kemunculannya pada drama tersebut wajahnya langsung ditambal dengan menggunakan teknik CGI. Meski terlihat aneh dan bisa membuat rating drama turun, namun itulah hal yang bisa dilakukan pihak produksi untuk menegakkan sanksi.

Berkaca dari hal tersebut, kemungkinan perubahan wajah Xiao Yan juga karena model rujukan sebelumnya sedang bermasalah sehingga pihak produksi mau tidak mau harus mengganti model rujukannya. Untuk perihal "masalahnya" admin tidak bisa berkata ataupun berasumsi selebih.

#3. Perubahan Tersebut Apakah Memiliki Efek Buruk?

Jika teman-teman bertanya apakah perubahan tersebut akan memberikan efek yang buruk pada serial BTTH Season 5 Part 2 ini? Jawaban admin adalah iya! Hal itu adalah sebuah kepastian. Lalu efek buruk apa saja yang akan muncul karena perubahan tersebut?

Menurut admin efek buruk yang muncul yang admin rasakan adalah hilangnya " vibe " yang ada pada Xiao Yan. Toh orangnya berubah menjadi orang lain lain jadi sangat wajar kalau vibe yang penggemar rasakan terhadap kartakter ini berubah atau hilang sama sekali. Bayangkan saja, setelah digunakan selama beberapa season, tiba-tiba diganti sangat wajar jika para penggemar termasuk admin merasa ilfil.

Kalau yang dirubah adalah wajah dari karakter pendukung seperti Xun'er atau yang lainnya tentu itu bukanlah masalah namun kalau yang harus dirubah adalah karakter utama yah rasanya sangat tidak asik apalagi kalau perubahan setelah beberapa season. Bagi admin perubahan ini adalah DOWNGRADE bagi serial BTTH dan ini adalah kesalahan yang sangat fatal yang membuat serial ini menjadi CACAT.

#4. Apakah Season 5 Ini Bisa Diselamatkan?

Untuk menyelamatkan season 5 ini tentu pihak studio harus mengembalikan wajah Xiao Yan yang sebelumnya. Artinya part 2 ini harus di- remake/remaster dan rasanya itu adalah hal yang menurut admin cukup mustahil selama yang menjadi penyebab wajah sebelumnya ini clear. Jadi silahkan saja menerima kenyataan bahwa BTTH Season 5 Part 2 ini adalah season cacat.

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan adalah semua fans donghua BTTH membuat petisi seperti di change.org kepada pihak studio. Jika beruntung mungkin pihak studio dan pihak produksi akan mempertimbangkan untuk membuat versi remaster dari part 2 ini.

Penutup

Perubahan desain karakter pada donghua adalah hal yang sangat wajah, namun wajarnya itu jika perubahannya tidak massif . Jika diperhatikan desain dari wajah Xiao Yan sendiri dari setiap musim maka kita akan melihat perubahan kecil. Tentunya hal tersebut bisa diterima karena tidak akan menggangu vibe penggemar kepada karakter utama sama sekali.

Namun perubahan desain kali ini terlalu besar seakan-akan keduanya adalah orang yang berbeda. Bagi sebagian penggemar termasuk admin, perubahan ini terlalu mencolok dan menghilangkan vibe sosok Xiao Yan yang sudah menemani selama beberapa season. Ini tentunya bisa dianggap sebagai downgrade atau penurunan.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan