Di Luar Ekspektasi, Beginilah Wajah Remodel Xiao Yan

Wajah Remodeling Xiao Yan untuk arc Central Plains
Wajah Baru Xiao Yan untuk Arc Central Plains

Pada postingan admin sebelumnya mengenai wajah Xiao Yan pada poster BTTH Nian Fan 3 yang dirilis pihak offiical, admin mengatakan bawa wajah baru tersebut mirip dengan wajah lama Xiao Yan yang ada di BTTH Three Year Agreement. Hal ini juga diperkuat oleh video recap yang menunjukkan perubahan Xiao dari season ke season dan pada model baru Xiao Yan yang menengok ke samping terlihat mirip dengan wajah lama.

Meskipun pada akhirnya pihak official mengeluarkan poster lain yang menunjukkan model baru Xiao Yan yang terlihat berbeda dari model yang saat ini maupun dengan yang ada di BTTH Three Year Agreement. Awalnya admin berpikir bahwa itu adalah wajah transisi dimana pada akhirnya pihak studio akan menggunakan kembali wajah lama Xiao Yan.

Remodeling Karakter Xiao Yan

Battle Through The Heavens 3 Dirilis
Battle Through The Heavens Nian Fan 3, sumber: Doupo Changqion Official weibo

Remodeling merupakan hal yang biasa dalam industri animasi. Remodeling atau pemodelan ulang pada umumnya lebih kepada peningkatan kualitas tampilan, dari yang levelnya tier 3 sampai menjadi Tier 2 atau 1 (dari segi kualitas) atau untuk mencapai terget desain tertentu. Bagi yang belum tahu apa itu "Tier" yang sering admin sebutkan, konsep tier atau tingkatan sering digunakan untuk mengklasifikasikan atau mengelompokkan sesuatu berdasarkan sejauh mana mereka memenuhi standar atau kriteria tertentu. Tier 1: kualitas tinggi, 2: Sedang dan 3: dasar.

Remodeling pada serial BTTH pun dilakukan setiap seasonnya. Season satu yang terlihat sangat dasar kemudian diupgrade pada chapter spesial dan pada season selanjutnya. Puncak dari upgrade ini terlihat pada BTTH Three Year Agreement, kualitas model top level dengan shadow dan highlight yang sangat pas ditambah "suaran audio" yang sangat bagus membuat chapter spesial satu ini benar-benar spesial.

Namun semuanya berubah setelah memasuki season ke 5 tepatnya episode ke 28. Xiao Yan mendapat pemodelan ulang dari pihak studio diaman hasilnya sangat berbeda dengan wajah sebelumnya. Hal ini sontak membuat admin dan banyak fans BTTH di China cukup kaget dengan keputusan pihak studio. Yang jadi masalah pada remodeling ini tidak hanya pada perubahan wajah saja, namun secara umum pada penurunan kualitas grafik. Singkat kata remodeling ini bukanlah upgrade melainkan downgrade!

komparasi desain wajah lama dan baru Xiao Yan
Komparasi wajah dari Season 5 part 1 vs Season 5 Part 2 (Klik Untuk Memperbesar)

Pada akhirnya admin memahami sesautu bahwa perubahan wajah ini terjadi karena pihak studio mengganti dubber atau pengisi suara karakter Xiao Yan. Pengisi suara sebelumnya yaitu Zhang Pei dan sekarang digantikan oleh Bu Yi. Jika kita memperhatikan dengan seksama, wajah lama Xioa Yan referensinya sepertinya adalah Zhang Pei. Lalu saat Zhang Pei diganti, Xiao Yan menggunakan referensi lain. Apakah itu Bu Yi? Sepertinya bukan karena wajah baru ini juga tidak terlihat seperti Bu Yi.

Komparasi wajah dari Btth 3 Year Agreement vs Season 5 Part 2 Setelah Xiao Yan berhasil memurnikan fallen Heart Flame (Klik Untuk Memperbesar). Dari komparasi ini terlihat mana kualitas yang jauh lebih baik.

Model Terbaru Beda Lagi?

Oke sekarang mari kita berbicara tentang wajah model terbarunya. Jika kita melihat poster baru dari Xiao Yan, selain wajah, yang menjadi objek dari remodeling ini adalah outfit atau pakaian. Pakaian baru yang digunakan terlihat sangat keren, hitam dan memiliki hoodie atau penuitup kepala. Wajahnya juga terlihat berbeda dari wajah yang digunakan sampai saat ini. Wajah baru ini terlihat memiliki bentuk yang lebih kotak.

wajah transisi
Wajah Baru

Selain itu admin juga menemukan Action Figure Xiao Yan yang diposting oleh salah satu akun di weibo @动漫观查. Action Figure ini menggunakan model terbaru dari Xiao Yan, baik wajah maupun pakaiannya. Dari segi wajah sendiri terlihat sesuai dengan poster dan cukup berbeda dengan model pada BTTH Three Year Agreement maupun yang digunakn saat ini di Season 5. Ini jelas di luar ekspektasi admin. Entah siapa yang membuat action figure ini tentu perlu dipertanyakan. Apakah kredibel, resmi atau apa? Namun menurut admin wajah remodeling ini pada serial donghua ini nantinya akan sama dengan action figure ini.

Meskipun berbeda, namun menurut admin hasil dari remodeling ini terlihat jauh lebih baik daripada yang digunakan sekarang. Namun selebihnya bagus tidaknya kembali lagi apakah nantinya pengolahan grafik bisa lebih baik dengan penggunaan highlight dan shadow karena kedua elemen ini sangat menentukan level kualitas dari sebuah model animasi.

Untuk referensi sepertinya remodel ini menggunakan wajah Bu Yi, terlihat dari facial shape yang sama-sama kota. Meskipun unsur-unsur yang notable dari wajah Xiao Yan masih dipertahankan agar tidak menghilangkan vibe Xiao Yan dari season ke season.

Referensi remodeling wajah Xiao Yan adalah Bu Yi
Referensi pemodelan ulang wajah Xiao Yan adalah Bu Yi

Kapan Wajah Ini Mulai Digunakan?

Berikutnya pertanyaan kapankah penggemar bisa melihat wajah baru Xiao Yan ini? Menurut informasi yang beredar, model baru Xiao Yan ini akan ditampilkan saat Xiao Yan melakukan ekspansi petualangannya memasuki Arc "Central Plains" atau dataran tengah. Yang pastinya seperti masih agak jauh beberapa episode lagi apalagi saat ini BTTH masih di subjudul Pengepungan Tiga Sekte yang merupakan bagian dari Arc Demon Valley. Setelah Arc ini selanjutnya akan memasuki arc Central Plains. Jadi wajah ini kemungkinan akan mulai digunakan pada tahun 2024 mendatang.

Harapan admin nantinya selain remodeling, Serial BTTH bisa kembali berjaya mengulangi kesuksean Three Year Agreement garapan Zhao Bingle. Jangan sampai kualitas buruk yang terjadi saat ini terus dipertahankan oleh pihak studio.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan