Ide Bisnis Kuliner Paling Laris Saat Ini

- Diupdate Juli 02, 2022
Ide Bisnis Kuliner Paling Laris Saat Ini

Banyak yang merasa ragu ketika akan menjalankan bisnis di bidang kuliner. Padahal, hasil riset Statista menyatakan bahwa potensi pendapatan bisnis kuliner diprediksi meningkat sebesar 10,79% hingga tahun 2025. Walaupun banyak pesaing, namun peluang bisnis kuliner di Indonesia masih cukup besar. 

Ada banyak ide bisnis makanan yang bisa Anda kelola, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, serta aneka jenis minuman bisa ditawarkan ke masyarakat. Dengan pengelolaan dan strategi pemasaran yang tepat, bisnis kuliner bisa mendatangkan keuntungan secara maksimal. 

Berikut beberapa usaha makanan paling laris saat ini yang bisa dijalankan di rumah. 

1. Frozen Food

Ide bisnis kuliner pertama yang paling laris saat ini adalah berjualan makanan beku (frozen food). Makanan jenis ini kerap dijadikan cemilan dan lauk sehari-hari, terutama saat di rumah kehabisan stok bahan makanan lainnya. Berikut beberapa jenis frozen food yang hits dan kekinian.

 Kentang, Tempura, Bakso, dan Sosis Frozen

Aneka camilan ini cukup populer dan digemari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Makanan ini dianggap simple dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. Selain itu ketahanan makanan ini juga terbilang cukup lama.

• Cireng dan Cimol Keju Frozen

Kedua jenis makanan ini sedang booming di pasaran. Khususnya cimol keju frozen yang dikemas dengan bumbu serbuk pedas. Makanan ini banyak digemari anak muda zaman sekarang.

• Masakan Rumahan Frozen

Aktivitas yang kain padat menyebabkan sebagian besar masyarakat tidak sempat untuk memasak. Sedangkan untuk membeli makanan di luar merasa malas, kurang sehat, tidak bergizi, atau khawatir tidak higienis. 

Peluang inilah yang dimanfaatkan dengan menghadirkan menu masakan rumahan frozen dengan alasan lebih praktis dan mudah cara penyajiannya. Sebab, konsumen hanya perlu memanaskannya di microwave sebelum menyantapnya.  

• Daging Olahan Frozen

Peluang bisnis kuliner lainnya yang cukup menjanjikan adalah berjualan daging olahan frozen. Peluang bisnis yang satu ini hadir karena sebagian masyarakat enggan berdesak-desakan di pasar untuk antre terkait adanya wabah corona. 

Dengan adanya kuliner ini, memudahkan masyarakat menikmati olahan daging tanpa perlu ribet.

Baca juga: 5 Street Food Korea yang Bikin Ngiler

Untuk meningkatkan minat sekaligus meyakinkan pelanggan frozen food, Anda bisa menawarkan jasa antar ke rumah pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan ulasan tentang kualitas olahan frozen yang Anda jual melalui website bisnis disertai dengan foto atau video. 

Pastikan data yang dimiliki tersimpan dengan aman di hosting terbaik seperti Hostinger yang mampu menunjang kinerja website. Sebab, memasarkan usaha dengan layanan Hostinger yang selalu siaga selama 24 jam membuat performa website Anda semakin terjaga. 

2. Minuman Kekinian

Anda mungkin sering melihat di berbagai gerai menawarkan aneka minuman yang tren seperti thai tea, green tea, es coklat, boba, dan sebagainya. Ada pula aneka kreasi kopi yang menawarkan kopi rum, kopi buah, kopi gula aren, dan kopi regal. 

boba milk tea

Sebelum menjalankan usaha minuman kekinian ini, sebaiknya lakukan analisis lapangan. Hal ini bertujuan untuk menentukan standar harga serta kualitas minuman yang dijual. 

3. Salad Buah

Selain makanan berat dan camilan frozen, ada peluang usaha kuliner yang menyehatkan sekaligus menjanjikan keuntungan besar, yaitu dengan berjualan salad buah. Modal yang disiapkan berupa aneka buah segar, mayonaise, dan keju yang diparut. Modal yang dikeluarkan pun tergolong kecil.

Anda bisa mempromosikan salad buah ini melalui Instagram, Facebook, atau WhatsApp dan menjualnya dengan sistem pre-order. Jangan lupa untuk memilih foto salad buah yang terbaik sebelum diposting. 

Baca juga: Cemilan Sehat untuk Teman Nonton

Tambahkan pula dengan caption menarik disertai dengan deskripsi produk. Untuk menarik minat pelanggan, Anda bisa menawarkan kemasan dengan berbagai ukuran. Atau, bisa pula dengan memberikan diskon promo seperti beli dua diskon 10%, beli dua ukuran jumbo gratis satu ukuran kecil, dan sebagainya. 

4. Rice Box

Salah satu ide bisnis kuliner kekinian dan bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan adalah rice box. Ini dikarenakan semakin banyak yang tidak sempat memasak dan membutuhkan makanan yang praktis. 

Anda bebas menentukan menu masakan, apakah yang tradisional atau yang sedang trend saat ini seperti chicken sambal matah dan chicken salted egg. 

5. Snack Kering

Peluang usaha berikutnya yang bisa dijadikan sumber penghasilan yang menjanjikan adalah berjualan snack kering. Salah satu jenis snack kering yang sedang naik daun adalah keripik yang berbumbu pedas dengan level tertentu mulai dari yang tidak pedas, sedang, hingga yang paling pedas. 

snack - keripik

Untuk target market bisa difokuskan ke anak-anak muda, khususnya yang menyukai makanan pedas. Jangan lupa untuk memberikan kemasan yang mampu menarik minat calon konsumen untuk membelinya. Hebatnya lagi, Anda tidak perlu memproduksinya sendiri, melainkan bekerjasama dengan pemasok atau pembuat makanan ringan tersebut. 

6. Makaroni Pedas

Salah satu camilan pedas yang bisa dijadikan peluang usaha kekinian adalah makaroni pedas. Anda bisa menawarkan makaroni pedas ini melalui media sosial dengan caption menarik disertai dengan link domain ke website bisnis Anda. 

Baca juga: Asah Skill Membuat Danish Pastry di Tempat Kursus Pembuatan Roti Baking World

Jika bisnis kuliner ini semakin berkembang, Anda bisa membuka pendaftaran sebagai reseller atau dropshipper. Caranya adalah dengan menambahkan form pendaftaran di website yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur database calon reseller atau dropshipper. 

7. Kue Kering Hampers

Pada momen tertentu seperti saat hari besar keagamaan, ulang tahun, dan perayaan lainya, permintaan hampers merupakan bisnis yang paling laris. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut dengan menawarkan hampers yang berisi kue kering nan lezat. 

Caranya adalah dengan memajang foto kue kering dan pilihan menu paket hampers di website, media sosial, atau menjadikan foto kue kering tersebut sebagai status di WhatsApp. Dengan adanya penawaran paket hampers tersebut, konsumen akan mudah untuk menentukan pilihan jenis kue kering untuk isian hampers. 

8. Sambal Rumahan

Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari sambal. Jenis makanan ini hampir selalu tersedia baik saat menyantap makanan di rumah atau di restoran. Bahkan, penjual nasi bungkus pun tak lupa memberikan sambal sebagai pelengkap. 

Namun, untuk membuat sambal ini membutuhkan sedikit usaha seperti menghaluskan cabe, memberi bumbu, menggoreng sambal, dan sebagainya. Itu sebabnya banyak yang akhirnya beralih ke sambal instan. Peluang ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang menjanjikan karena masih sedikit pesaingnya. 

Baca juga: 5 Jenis Produk yang Bisa Cuan untuk Usaha Makanan Online

Anda bisa mengemas sambal dalam bentuk botol kaca kecil, kemasan plastik, atau kemasan lainnya dengan berbagai ukuran. Untuk promosi, Anda bisa memposting proses pembuatan sambal dan cara mengemas dalam bentuk video. Konten video tersebut bisa diunggah di Instagram atau YouTube. 

9. Soft Baked Cookies

Kuliner kekinian yang hits sejak pandemi bernama soft baked cookies ini cocok untuk dijadikan pertimbangan bagi Anda yang ingin membangun bisnis di bidang kuliner. Sekilas memang nampak seperti kue kering yang biasa namun teksturnya lembut di bagian dalam. Umumnya, bagian dalam kue ini diisi dengan adonan saus vanila atau saus coklat. 

Go Online dengan Website

Anda bebas menentukan jenis kuliner apa yang dipilih sebagai peluang usaha yang menjanjikan. 

Go Online dengan Website

Jika telah menentukan pilihan, sebaiknya segera membuat website bisnis dengan provider cloud hosting yang terbaik sebagai salah satu strategi pemasaran. Anda bisa menggunakan strategi berikut ini sebagai upaya meraup keuntungan maksimal.

  • Menampilkan daftar menu halaman khusus. 
  • Membangun blog khusus seputar brand dengan optimasi SEO. 
  • Menampilkan review positif. 

Bagaimana, sudah siap menjalankan salah satu usaha makanan paling laris? Intinya, tetap semangat membangun bisnis dan jangan lupa berdoa. Semoga sukses. 

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan