Model Baru Xiao Yan Untuk Arc Central Plains Akhirnya Muncul, Agak Mengecewakan!

New Xiao Yan Face

Arc Central Plains alias Dataran Tengah seharusnya dimulai ketika Xiao Yan dan kawan-kawan meninggalkan Akademi Jia Naan. Di saat itu desain baru untuk MC donghua Battle Through The Heavens ini akan segera digunakan.

Desain barunya tidak hanya dari segi kustom saja, tetapi mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki dan tentu saja termasuk dengan wajahnya. Hal ini tentu membuat fans BTTH penasaran dengan wajah baru sang kaisar Yan.

Sejak Agustus 2023 lalu akun official BTTH di Weibo sudah merilis poster dengan wajah Xiao Yan dan bertuliskan "Nian Fan 3". Penggemar sontak termasuk admin Goinsan menyadari bahwa donghua BTTH akan kembali menggunakan model wajah yang baru untuk Xiao Yan.

Wajah Xiao Yan Sudah Beberapa Kali Dirubah

Sebelumnya pihak studio sudah melakukan perombakan berupa remodeling yang membuat wajah Xiao Yan bukannya menjadi lebih baik tapi malah menjadi semakin jelek. Semua aspek tampilan yang dibangun sejak BTTH: Three Year Agreement seakan-akan "dibuang".

Remodeling ini tidak terlepas dari perubahan tim yang mengerjakan proyek BTTH. Memang sejak sequel BTTH: TYA rilis sampai sekarang, setiap sequel dikerjakan oleh Sutradara dan Tim yang berbeda. BTTH: Origin dan BTTH Jia Naan Academy dikerjakan oleh Tim yang berbeda.

Masih di Jia Naan Akademi tepatnya di episode 28 judul sudah menjadi Nian Fan dan sepertinya proyek BTTH Nian Fan juga dikerjakan tim lain. Di sini wajah Xiao Yan sudah berubah menjadi sangat buruk yang membuat banyak penggemar termasuk admin syok, baca di sini.

Jujur saja, entah apa motif remodeling ini. Apakah tim baru mencoba membangun penampilan yang ideal menurut mereka? ataukah ini terkait karena pengisi suara Xiao Yan bukan lagi Zhang Pei? Entahlah, hanya tim mereka yang tahu alasannya.

Meskipun model baru terlihat sangat jelek, namun seiring berjalannya waktu tim mendengar keluhan penggemar. Wajah Xiao Yan perlahan-lahan diperbaiki dan sampai episode 80 terlihat cukup baik dan stabil.

Komparasi wajah dari Btth 3 Year Agreement vs Season 5 Part 2 Setelah Xiao Yan berhasil memurnikan fallen Heart Flame. Dari komparasi ini terlihat mana kualitas yang jauh lebih baik.

Wajah Untuk Ark Dataran Tengah

Pihak official di Weibo kemudian merilis poster baru dengan tajuk Nian Fan 3. Wajah Xiao Yan terpampang lebar dengan ekspresi sangat dingin.

Poster BTTH Nian Fan 3 dengan wajah baru Xiao Yan
Poster 1, BTTH Nian Fan 3 dengan wajah baru Xiao Yan

Wajah yang terlihat pada poster tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah wajah baru untuk arc Central Plains. Tidak lama kemudian official kembali merilis poster baru. Namun kali ini wajahnya tampak sedikit berbeda dari tampilan poster wajah sebelumnya.

BTTH Central Plains Arc
Poster 2, Wajah Xiao Yan tampak lebih kotak, berbeda pada poster 1 yang lebih tirus

Pada poster baru ini wajah Xiao Yan terlihat berbeda 100%. Tidak hanya itu, offcial juga merilis sebuah klip singkat tentang perjalanan Xiao Yan. Pada klip teresebut muncul tampilan baru Xiao Yan yang jika dilihat dari samping wajahnya terlihat seperti yang ada di TYA.

Adminpun menganggap bahwa wajah di poster kedua adalah wajah transisi. Maksudnya, agar perubahan wajah dari yang sekarang sampai kembali mirip di TYA terjadi secara perlahan sehingga tidak terlalu mempengaruhi vibe yang terbangun antara serial dan para penggemar.

Seorang kreator action figure yang cukup populer di Weibo juga membuat AF Xiao Yan dan jujur saja, sangat terlihat seperti poster pertama dan satu kata pujian yaitu "tampan". Tidak lama poster lain dirilis, yaitu poster sebuah even BTTH di Shanghai dengan wajah dan penampilan baru Xiao Yan. Wajahnya terlihat sangat tegas dan mendominasi.

Action Figure Xiao Yan untuk arc Central Plains
Action Figure Xiao Yan untuk arc Central Plains

Namun anggapan admin sepertinya salah. Wajah baru untuk arc Central Plains sepertinya bukanlah wajah transisi dan wajah baru kedepannyapun kemungkinan tidak akan mirip dengan wajah di TYA.

Klip terbaru yang menampilkan penampilan wajah baru Xiao Yan secara penuh akhirnya rilis. Klip itu sendiri merupakan ucapan selamat tahun baru Imlek 2024. Di sana terlihat jelas wajah baru Xiao Yan.

Sedikit Mengecewakan!

Jujur saja sih desain wajah baru ini diluar ekspektasi. Sedikit mengecewakan karena menurut admin wajah baru ini terlihat biasa dan mungkin bisa dibilang kurang tampan sih. Yang lebih buruk lagi, wajah baru ini hampir tidak terwakili pada poster kedua dan ketiga sama sekali.

Wajah baru Xiao Yan untuk Arc Central Plains
Wajah baru Xiao Yan untuk Arc Central Plains
Wajah baru Xiao Yan untuk Arc Central Plains
Wajah baru Xiao Yan untuk Arc Central Plains 2

Bahkan jika dikomparasi dengan TYA bisa dibilang sangat jauh, tidak ada mirip-miripnya sama sekali. Bagaimana dengan yang sekarang? Dari segi ketampanan dan nilai estetika juga bisa dibilang cukup jauh sih. Wajahnya terlihat sangat lebar dan mengkotak dengan dagu mejanya (dagu rata).

Namun...

Namun jika melihat board model dari Motion Magic yang admin skrinsut di bawah ini, wajah Xiao Yan sebenarnya bagus. Jadi kita tunggu saja saat model ini sudah resmi digunakan.

Screenshot model database Xiao Yan
Screenshot model database Xiao Yan

Berikutnya, jika kalian perhatikan, wajah baru ini terlebih jauh lebih realistis alias tidak terlalu kartun jika dibandingkan dengan wajah yang sekarang. Jadi, meskipun kalah secara estetika, namun hal lain bisa dibilang unggul. Tentu saja BTTH harus ikut ambil posisi untuk bersaing dengan donghua lain yang semakin hari semakin bagus dari segi desain, kerealistisan dan kualitas secara umum.

Sisanya adalah bagaimana sutradara dan tim khususnya penulis skenario dalam mengadaptasi sumber. Ada kemungkinan yang mengerjakan BTTH Nian Fan ini adalah tim baru juga. Jadi semoga saja arc Central Plains bisa menjadi lebih baik daripada arc sebelumnya yang membuat rating BTTH Nian Fan drop tidak terkendali. Bagaimana menurut kalian?

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan