Battle Through The Heavens Season 5 Bagian 2: The Final Battle of Yunlan Apakah Episode Spesial dan Ada Berapa Episode?

The Final Battle of Yunlan atau Pertempuran Akhir Sekte Misty Cloud sudah tayang sejak 16 Juli lalu. Episode ini masih ada dalam lingkup season kelima tepatnya Season kelima Bagian 2. Apakah The Final Battle of Yunlan merupakan episode spesial lalu ada berapa banyak episode yang akan ditayangkan?

Apakah The Final Battle of Yunlan Merupakan Episode Spesial?

Tentu sangat banyak yang penasaran apakah The Final Battle of Yunlan merupakan episode spesial? Bahkan dalam artikel yang admin tulis sebelumnya mengatakan bahwa arc ini selevel episode spesial. Namun di sini admin akan membahas lebih detail hal tersebut.

Menjawab pertanyaan Apakah The Final Battle of Yunlan Merupakan Episode Spesial layaknya Three Year Agreement? Jawabannya adalah bukan. The Final Battle of Yunlan bukanlah episode spesial melainkan arc biasa yang menjadi bagian atau lanjutan dari BTTH season 5 part 2.

Dari tadi admin selalu menyebutkan kata "arc", apa sih artinya? jadi "Arc cerita" atau "Bususr Cerita" adalah serangkaian episode atau bagian dari sebuah seri animasi yang berfokus pada cerita atau plot tertentu yang saling terkait dan membentuk keseluruhan narasi. Bagi pecinta anime terutama anime panjang seperti One Piece pasti lebih akrab dengan istilah ini.

Di anime One Piece misalnya terdapat banyak arc yang di yang dipaketkan dalam beberapa "saga" misalnya pada Dressrosa Saga terdapat dua arc yaitu Punk Hazard Arc dan Dressrosa Arc. Sampai di sini kalian mungkin sudah paham apa yang dimaksud dengan "Arc".

Jadi Donghua juga begitu, terdapat juga Arc yang terdiri dari beberapa episode tidak terkecuali BTTH. Kita ambil BTTH Season 5, dari keseluruhan episode tentu tersegmen dalam beberapa arc seperti pada part 1 yaitu Jia Nan Academy, dan di part 2 ini ada The Final Battle of Yunlan, Bodhi Incarnation, Birth of Yan Sect, The Siege of Three Sects dan lain-lain.

Lalu mengapa admin mengatakan bahwa arc The Final Battle of Yunlan setara dengan epsiode spesial? Di awal-awal season 5 bahkan jauh sebelum season 5 mulai tayang "Return to Yunlan" sudah menjadi topik hangat dimana-mana, pasalnya ini akan menjadi plot klimaks dari perseteruan antara Xiao Yan dan sekte Yunlan.

Dan setelah melihat keseluruhan 52 episode dari season 5, Return To Yunlan akan dimulai tepat setelah 52 episode ini. Tidak heran jika banyak yang berspekulasi termasuk admin bahwa setelah Season ke 5 ini akan ada sequel berupa episode spesial yang menyajikan pertempuran final antara Xiao Yan dengan sekte Yunlan.

Namun ternyata tidak ada episode spesial, tetapi season kelima berlanjut sampai 104 episode. Setelah 52 episode akan dilanjutkan dengan Season 5 part 2 yang diawali oleh arc "The Final Battle of Yunlan".

Meski begitu The Final Battle of Yunlan tetap akan menjadi episode yang setara pasalnya akan ada klimaks di dalamnya yaitu pertarungan antara Xiao Yan dan Sekte Yunlan, Xiao Yan vs Gu He, dan Xiao Yan vs Yun Shan, Xiao Yan bahkan akan membunuh Yu Shan. Bayangkan, Xiao Yan kembali setelah pelarian 3 tahun dan membumihanguskan sekte Yunlan dan Yun Shan seorang Dou Zong, tentu saja arc ini seharusnya setara episode spesial! 

Format Berubah, Tidak Ada Lagi Episode Spesial!

Kenapa pihak produksi tidak menyajikannya sebagai episode spesial padahal posisinya sudah sangat pas dan penuh klimaks? Jawabannya adalah karena yang mengerjakan proyek donghua BTTH Season 5 ini memiliki sutradara yang berbeda. Beda sutradara maka format yang akan diterapkan pun berbeda.

Dari spesial 1 sampai dengan Three Year Agreement, sutradara yang mengerjakan proyek tersebut adalah Zhao Bingle, sedangkan BTTH: Origin dikerjakan oleh Chen Bai Jun dan Season ke 5 dikerjakan oleh Gu Zhenhua untuk Jia Naan Academy dan Shen Yimo mengerjakan The Final Battle of Yunlan.

Proyek yang dikerjakan Zhao Bingle sangat jelas. Espisode seasonal selesai sebelum arc yang mengandung klimaks. arc-arc tersebut kemudian disajikan sebagai episode spesial. Misalnya Setelah Season keempat selesai, maka sequelnya berupa episode spesial yaitu Battle Through The Heavens: Three year Agreement.

Seandainya season 5 proyeknya dikerjakan oleh Zhao Bingle, maka sudah pasti setelah season selesai akan dilanjutkan dengan sequel berupa episode spesial yang merangkum beberapa arc sekaligus yaitu "The Final Battle of Yunlan dan "The Birth of Yan Alliance" dengan maksimal 13 episode. Setelah itu baru dilanjutkan ke season 6.

Namun Gu Zhenhua memiliki pemikiran lain. Tidak hanya banyak merombak warisan dari Zhao Bingle, Ia bahkan merubah format yang sudah menjadi tradisi dari serial BTTH ini. Penamaannya juga admin rasa kurang jelas, 斗破苍穹年番, terjemahaannya kurang lebih "Fights Break the Sphere Nian Fan (Musim Tahunan)", tidak ada kata season 5 di dalammnya, berbeda dengan season 2, 3 dan 4.

Battle Through The Heavens Nian Fan: Jia Nan Academy dari episode 1 - 52, Untuk episode 53 sendiri sudah masuk Battle Through The Heavens Nian Fan Part 2: The Final Battle of Yunlan yang seharusnya hanya beberapa episode saja.

Lalu setelahnya masih ada Bodhi Incarnation, Birth of Yan Sect, The Siege of Three Sects. Apakah ketiga arc ini akan masuk salam Nian Fan 3, 4, dan 5? ataukah masih dalam Nian Fan 2? Bingung kan? Sama, admin juga bingung.

Selain itu Gu Zhenhua juga melakukan beberapa perubahan ini dianggap sebagai downgrade yang membuat serial ini terasa kurang seru dan bahkan rating BTTH season 5 menjadi terpuruk.

Misalnya "Pacing" cerita yang dianggap lambat, mengganti tampilan model beberapa karakter termasuk karakter utama (MC) menjadi lebih buruk, mengganti Voice Actor MC, menyajikan pertarungan yang rasanya terlalu biasa, serta beberapa perubahan lainnya. 

Jadi jangan heran jika BTTH Season 5 kerjaan Gu Zhenhua ini hanya mendapat rating 6.8 di Douban, sangat berbanding terbalik dari BTTH: Three Year Agreement sentuhan Zhao Bingle yang mendapat rating 8.6.

Terkait Pacing BTTH season 5 yang dianggap lambat, jujur admin tidak terlalu peduli. Apakah memang lambat? entahlah, admin sendiri malas untuk kembali menonton episode-episode awal musim kelima ini karena jujur rasanya sedikit membosankan.

Namun untuk perubahan model maka hal ini sangat layak dan patut diperbincangkan. Admin sudah menulis artikel mengenai perubahan wajah MC Xiao Yan pada artikel "Wajah Xiao Yan Dirubah di Season 5?", namun admin masih akan membahasnya secara singkat di sini.

Mungkin banyak yang sadar bahwa wajah MC berubah tepat di epsiode 28. Perubahannya bisa terbilang sangat drastis karena model baru ini sangat berbeda dengan model sebelumnya. jujur saja admin tidak tahu kenapa modelnya harus dirubah? Omong kosong kalau alasannya adalah database model sebelumnya hilang atau rusak. Perubahan ini intentional!

komparasi desain wajah lama dan baru Xiao Yan
Komparasi wajah dari Btth Season 5 episode 27 vs episode 28. Terlihat perubahan desain yang besar dan penurunan kualitas dari segi facial detailing (Klik Untuk Memperbesar)

Jika kita menonton kembali episode 28 dan seterusnya, terlihat kualitas garfik model baru ini sangat rendah, bahkan jujur saja admin hampir mau memasukkannya dalam kelompok Tier 2. Perubahan ini sebenarnya demi apa? Jujur admin lebih suka dengan model lama.

Namun jika kita perhatikan, secara keseluruhan di season 5 ini setidaknya terjadi 3 kali perubahan model. Perubahan ketiga ini lebih ke perbaikan model sebelumnya. Jadi setidaknya ada kesadaran dari pihak produksi untuk melakukan perbaikan meskipun masih jauh kualitasnya dari model sebelumnya.

Berikutnya masalah ketiadaan episode spesial, Gu Zhenhua lebih memilih melanjutkan episode berikutnya dalam lingkup satu season daripada membuat episode spesial. Apakah ini akan menjadi sebuah masalah? tidak juga, karena sepertinya sang sutradara ingin menekankan pada penyajian plot. Selama plotnya disajikan dengan pertarungan yang bagus maka akan tetap terasa spesial juga.

The Final Battle of Yunlan Arc Ada Berapa Episode?

Karena berupa arc maka seharusnya kluster ini memiliki beberapa episode. Ada berapa episode yang tersedia dalam The Final Battle of Yunlan memasuki arc berikutnya? Jika merujuk pada screenshot daftar arsip animasi yang akan tayang  yang admin peroleh dari weibo terlihat terdapat 6 episode.

Daftar tayang BTTH Nian Fan

Dari Screenshot di atas The Final Battle of Yunlan terdapat 6 episode, arc lainnya yaitu Bodhi Incarnation 7 episode, Birth of Yan Sect 7 episode, The Siege of Three Sects 6 episode. Semua episode yang terdaftar ini adalah sisa episode yang akan tayang di sepanjang tahun 2023.

Harapan Ke Depannya

Melihat kualitas Battle Through The Heavens Season 5 yang semakin merosot tentu harapan admin sebagai penggemar adalah ada penataan kembali terutama terkait tim yang memproduksi serial ini. Mungkin sedikit terdengar kejam, tetapi jika ingin mengembalikan kejayaan BTTH sebagai salah satu donghua top maka hal tersebut mau tidak mau harus dilakukan. 

Serial ini pasti akan menjadi kembali lebih baik jika Zhao Bingle didapuk kembali menjadi sutradara, kembali memakai model lama untuk MC, format "Season" dan "Spesial" dikembalikan dan sebagainya. Namun jika tim produksi sekarang bisa memperkuat plot dan menyajikan aksi yang lebih baik kedepannya hal-hal di atas tidak perlu dilakukan.selevel episode spesial

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan