5 Donghua Debutan 2023 Terbaik, Ini Daftarnya

5 Donghua Debutan 2023 Terbaik

Tidak bisa dipungkiri bahwa donghua 3D China sedang mendominasi pasar animasi 3D, bahkan mereka tanpa pesaing sama sekali. Yang luar biasa, layaknya anime pada umumnya, animasi dari negeri Tirai Bambu ini juga rilis rutin tiap musimnya. Tidak tanggung-tanggung dalam satu tahun kalender untuk semua platform streaming bisa merilis puluhan judul donghua, walaupun hampir setengahnya adalah donghua berdurasi pendek yang menurut admin tidak layak untuk ditonton.

Donghua tersebut terdiri dari donghua 2D dan 3D yang tersebar dibeberapa platform streaming raksasa seperti WeTV, Youku Animation dan iQIYI Animation. iQIYI misalnya, mereka sudah merilis beberapa judul dari lineup animasi 2023-2024. Beberapa judul donghua seperti The Great Ruler, The Land of Miracles Season 2 dan Against The God menjadi donghua andalan mereka di tahun ini. Belum lagi platfrom streaming lainnya seperti Youku dan weTV yang juga merilis beberapa judul donghua.

Lalu apa saja donghua debutan tahun 2023 terbaik menurut admin goinsan? Pada artikel ini admin akan memberikan daftar donghua debutan terbaik di tahun 2023 ini. Untuk donghua tersebut standar penilaian tidak memiliki kriteria khusus, hanya bersandar pada tingkat keseruannya saja. Berikut daftar lengkapnya.

Donghua Debutan 2023 Terbaik

1. Shrouding The Heavens🔥

Shrouding The Heavens
Shrouding The Heavens

Salah satu donghua yang diadaptasi dari novel karangan Chen Dong ini langsung mendapat perhatian khusus. Tidak hanya karena sumber adaptasinya yang terkait dengan donghua populer lain yaitu Perfect World, tetapi juga karena studio yang mengerjakan projek donghua ini.

Studio yang mengerjakan donghua ini tidak lain adalah Original Force yang sangat handal mengerjakan donghua dengan pendekatan "realita". Salah satu donghua yang dikerjakan studio ini adalah Mortal Journey To Immortality yang sangat populer.

Penggunaan sistem motion capture dalam pengolahaan donghua ini membuat donghua ini terlihat sangat realistis dari segi motion. Ditambah lagi suaran audio yang sangat luar biasa membuat donghua ini pantas menjadi salah satu donghua debutan terbaik di tahun 2023.

Detail Donghua
Judul - Shrouding The Heavens
- 遮天 (Zhē tiān)
Genre xianxia, action, adventure
Jumlah Episode 52
Tanggal Rilis 3 Mei 2023
Platform Streaming weTV
Rating Goinsan ★★★★★

2. Demon Hunter🔥

Demon Hunter
Demon Hunter

Demon Hunter atau Azure Legacy merupakan donghua salah satru debutan terbaik di tahun 2023. Dikerjakan oleh studio Shenman Entertainment yang juga menggarap donghua Throne of Seal, donghua ini berhasil disajikan dengan sangat luar biasa.

Pemodelan cakep, koreo juga lumayan bagus ditambah dengan suaran audio yang keren ala Throne of Seal. Dalam setiap adegan yang mengandung eskalasi khususnya adegan pertarungan, maka musik tekno akan dimainkan. Hal ini membuat pertarungan bertambah epik.

Detail Donghua
Judul - Demon Hunter
沧元图 (Cāng yuán tú)
Genre xianxia, action, adventure
Jumlah Episode 26
Tanggal Rilis 22 Juli 2023
Platform Streaming Youku
Rating ★★★★★

3. The Ravages of Time🔥

The Ravages of Time
The Ravages of Time

Hal yang bisa admin katakan bahwa donghua ini sangat underrated. Banyak yang merasa donghua ini kurang asik karena jalan ceritanya yang kurang jelas ditambah dengan kualitas pemodelan yang agak jelek atau bahkan bisa masuk dalam kategori tier 2. Apakah memang seperti itu? Untuk pemodelan memang benar tapi selebihnya tidak, donghua ini sangat bagus!

Donghua yang diadaptasi dari manhwa ini dari segi plot memang bisa dibilang agak berat. Wajar saja, pasalnya donghua ini memiliki target audiens orang dewasa. Jadi yang bilang donghua ini jelek mungkin taste-nya masih agak kurang karena belum masuk dalam audiens yang ditarget.

Detail Donghua
Judul - The Ravages of Time
火凤燎  (Huǒ fèng liáoyuán)
Genre xianxia, action, history
Jumlah Episode 16
Tanggal Rilis 29 April 2023
Platform Streaming Bilibili
Rating Goinsan ★★★★★

4. Martial God Asura🔥

Martial God Asura
Martial God Asura

Martial God Asura yang dikerjakan oleh kolaborasi dua studio top Rocen dan Original Force sudah dipastikan memiliki kualitas tinggi. Maklum saja, Rocen memang dikenal sebagai studio yang fokus pada kualitas bukan pada kuantitas. Jadi mereka tidak memiliki banyak judul donghua namun sekali buat langsung yang top quality seperti Drawing Jiang Hu: Bu Liang Ren yang merupakan donghua 3D terbaik.

Martial God Asura juga tidak kalah luar biasanya. Grafik yang bagus dengan suaran audio yang super keren membuat donghua ini menjadi donghua debutan 2023 terbaik menurut admin. Belum lagi ditambah dengan story, pacing serta sifat Karakter utamanya yang lain daripada yang lain, anti tunduk dan "don't mess with me or I'll fukkk you up".

Detail Donghua
Judul - Martial God Asura
- 修罗武神 (Xiūluō wǔshén )
Genre xianxia, action, adventure
Jumlah Episode 24
Tanggal Rilis 26 September 2023
Platform Streaming weTV
Rating Goinsan ★★★★★

5. Renegade Immortal🔥

Renegade Immortal
Renegade Immortal

Superb! itu kata yang bisa admin berikan untuk donghua Renegade Immortal. Meski secara pemodelan donghua ini kalah jauh dari Martial God Asura namun semua aspek lain sangat pas, story dan pacing-nya ajib, tidak ada neko-neko yang membosankan. Belum lagi rasa emosional yang dialami oleh karakter utama bisa menular kepada penonton.

Meski pemodelan karakter utamanya agak kurang, namun karakter lain seperti para heroine malah dibuat sangat cantik. Siapa sangka model MC hanya bertahan sampai episode 12 saja, pasalnya dalam cerita tubuhnya terbakar habis dalam pertarungan dan kemudian mendapat upgrade tubuh baru.

Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan Er Gan Admin bisa bilang Donghua Renegade Immortal ini sangat layak debutan nomor satu di tahun 2023.

Detail Donghua
Judul - Renegade Immortal
- 仙逆 (Xiān nì)
Genre xianxia, action, adventure
Jumlah Episode 24
Tanggal Rilis 25 November 2023
Platform Streaming weTV
Rating Goinsan ★★★★★

Bottom Line

Itulah 5 donghua debutan 2023 terbaik, jangan lupa untuk membaca artikel lain seputar donghua di www.goinsan.com.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan