Tingkatan Kultivasi Battle Through the Heavens (Ranking Kultivasi)

Tingkatan Kultivasi BTTH

Tingkatan kultivasi BTTH merupakan level kultivasi yang dimiliki oleh setiap praktisi di serial ini. Level kultivasi ini sendiri diperoleh dari latihan keras penempaan energi Dou Qi sampai dengan menggunakan batuan obat-obatan (pil) tertentu sebagai penunjang untuk menerobos ranah. Dalam serial BTTH, tingkat kultivasi mencapai 11. Penjelasan apa itu () bisa kalian baca pada artikel kultivasi.

Setiap level umumnya menggunakan istilah "Dòu" atau kita tulis saja "Dou" untuk memudahkan penulisan. Lalu apakah arti dari kata tersebut? Istilah Dou (斗) mungkin sedikit membingungkan namun dalam konteks bela diri, "斗" (dòu) memiliki arti "pertempuran" atau "berjuang". Dalam bahasa Indonesia, "斗" dapat diartikan sebagai melawan, berkelahi, atau bertarung.

Dalam istilah-istilah seperti "Dou Zhi Qi" (斗之气) atau "Dou Zhe" (斗者), "斗" mengacu pada energi atau kekuatan yang digunakan dalam pertempuran atau praktik bela diri. Istilah-istilah ini sering digunakan dalam kisah-kisah fiksi, novel-novel atau donghua Wuxia seperti BTTH yang menggambarkan tingkatan kultivasi atau kekuatan dalam dunia bela diri. Jika kalian baru dengan serial ini, silahkan baca dulu artikel Urutan nonton BTTH ini.

Tingkatan Kultivasi BTTH🔥

1. Dou Zhi Qi (斗之气)🔥

Tahap awal seseorang mengenal dan memahami apa itu Dou Qi. Tahap ini seseorang sudah memiliki Qi yang berpotensi bisa dikembangkan. Bisa tidaknya dikembangkan tentu bergantung pada jumlahnya. Pengukuran dilakukan menggunakan instrumen khusus yang bisa dilihat pada season pertama serial ini.

2. Dou Zhe (斗者)🔥

Saat mencapai tahap ini, seorang praktisi Dou dapat benar-benar mampu memanfaatkan dan mengendalikan energi Dou Qi dalam tubuh mereka untuk digunakan dalam pertempuran.

3. Dou Shi (斗师)🔥

Setelah mencapai tahap ini, seorang praktisi dapat menggunakan Dou Qi untuk membentuk lapisan pelindung seperti jubah untuk mendapatkan pertahanan yang lebih tinggi.

Baca Juga: The Island of Siliang Season 2

__page2

4. Da Dou Shi (大斗师)🔥

Xiao yan di tingkat Da Dou Shi dengan armor Qi
Xiao Yan saat berada di tingkat Da Dou Shi menggunakan armor saat melawan Nalan Yanran di BTTH: Three Year Agreement

Setelah mencapai tingkat kultivasi ini, seorang praktisi dapat menggunakan Dou Qi untuk memadatkan Qi menjadi senjata atau "armor" (tameng) yang memberikan kekuatan pertahanan yang lebih tinggi. Pada episode pertarungan Xiao Yan dan Nalan Yanran di "BTTH: Three year Agreement", keduanya sudah mencapai tingkat Da Dou Shi

5. Dou Ling (斗灵)🔥

Pada titik ini, Dou Qi seorang Praktisi menjadi cukup kuat untuk membentuk senjata dari Dou Qi yang dikristalkan.

6. Dou Wang (斗王)🔥

Pada saat mencapai tahap ini, praktisi dapat membentuk sayap Dou Qi serta dapat menarik Dou Qi dari sekitarnya. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, tetapi masih dapat berguna dalam pertempuran. Di kerajaan Jia Ma Dou Wang merupakan level yang sudah cukup tinggi dan dihormati. Semua tetua di sekte Yun Lan misalnya adalah Dou Wang termasuk Yun Leng.

Saat berada dalam kurungan Fallen Heart Flame, Xiao Yan juga berhasil menerobos ke tingkat Dou Wang. Iapun mulai membentuk sayap Dou Qi berwarna biru menggantikan sayap Dou Qi ungunya.

7. Dou Huang (斗皇)🔥

Yun Zhi seorang Dou Huang
Yun Yun seorang Dou Huang

Level ini merupakan titik dimana praktisi benar-benar menjadi sangat kuat. Seorang Dou Huang ini dapat menggunakan jumlah besar Dou Qi dari daerah sekitarnya dan juga mampu melayang di udara tanpa sayap (waktunya singkat). Dou Huang seperti Hai Bodong bintang 7 mampu melawan empat Dou Wang sekaligus, dan Ling Ying bahkan mampu menghancurkan formasi Sekte Yun Lan.

Yun Yun yang pernah menjadi ketua sekte Yun Lan juga sudah mencapai tingkat Dou Huang dan menjadi salah satu orang terkuat dan ditakuti di kekaisaran Jia Ma.

Baca Juga: Daftar Istri Xiao Yan

8. Dou Zong (斗宗)🔥

Yun Shan sudah mencapai Dou Zong
Yun Shan sudah mencapai Dou Zong

Sebagai sosok puncak di kebanyakan klan-klan kecil, seorang Dou Zong memiliki kemampuan untuk menggunakan 'Kekuatan Spasial' misterius untuk melakukan hal-hal seperti melayang di udara atau bahkan menciptakan ruang yang bisa dimasuki. Namun, metode ini menghabiskan jumlah Dou Qi yang besar. Ratu Medusa yang sudah mencapai tingkat Dou Zong juga memanfaatkan ruang-waktu untuk bersembunyi.

Ratu Medusa yang baru naik ke tingkat Dou Zong
Ratu Medusa yang baru naik ke tingkat Dou Zong

Kekuatan Dou Zong sejatinya sudah bisa dikatakan berada dalam tingkat ekstrim. Bisa kita lihat ketika Yun Shan yang sudah berada di tingkat dua ★★ (bintang 2) muncul, setiap langkah kakinya mampu memadatkan udara dan menghasilkan hantaman kuat. Saat Yun Shan bertarung dengan Xiao Yan + Yao Lao (kekuatan setara Dou Zong), momentum yang terjadi ketika serangan keduanya bertemu bahkan merobek ruang hampa. Yun Shan juga bahkan tidak bergeming melawan kombinasi dua Dou Huang Hai Podong dan Ling Ying.

__page3

9. Dou Zun (斗尊)🔥

Yao Lau, Dou Zun semasa hidupnya
Yao Lau, Dou Zun semasa hidupnya

Dou Zun adalah cluster yang terdiri dari tiga tingkat yaitu Du Zun, Peak Dou Zun dan Ban Sheng.

  • Dou Zun (斗尊)
    Seorang Dou Zun memiliki kemampuan dan pengetahuan hampir sempurna tentang 'Kekuatan Spasial' dan mampu menggunakannya dengan cara yang lebih serbaguna daripada Dou Zong mana pun sebelumnya. Kelas ini ditandai dengan kemampuan untuk membentuk lubang cacing (celah dalam ruang-waktu). Jarak kekuatannya dengan Dou Zong juga terbilang cukup besar. Ranah ini terdiri dari 1 - 9 bintang
  • Peak Dou Zun (斗尊巔峯)
    yang terdiri dari 1 - 9 siklus. Setelah mencapai Dou Zun bintang 9, maka praktisi bisa memadatkan dan menekan Dou Qi di tubuhnya untuk membuat ruang baru. Ruang baru ini kemudian diisi dengan Dou Qi baru. Proses pemadatan dan kompresi ini terhitung satu siklus. Jumlah Dou Qi yang dibutuhkan untuk setiap siklus setara dengan Dou Qi Dou Zun bintang 1 - 9. Siklus ini akan mencapai batasnya maksimalnya pada siklus kesembilan.
  • Ban Sheng (半圣)
    Setelah siklus kesembilan pada tingkatan Dou Zun Puncak, maka kultivasi akan mencapai ranah Ban Sheng. Ini adalah tahap transisi dari tingkatan kultivasi yang lebih tinggi. Ini tidak dianggap sebagai Dou State yang sebenarnya, tetapi tetap diperlukan untuk memasuki kelas Dou Sheng yang sangat kuat. Bisa dibilang Ban Sheng merupakan Kuasi-Dou Sheng. Tingkatan Ban Sheng ini sendiri dibagi menjadi tingkat rendah, menengah, dan tingkat lanjutan.

10. Dou Sheng (斗圣)

Dou Sheng adalah tingkatan teratas dalam hierarki kelompok petarung. Seorang Dou Sheng satu bintang dapat dengan mudah mengalahkan puluhan Ban Sheng, bintang dua dapat dengan mudah mengalahkan bintang satu, dan seterusnya. Setelah mencapai bintang keenam, seorang Praktisi dapat membuka dunia terpisah untuk orang lain dihuni, dan yang ketujuh dapat memanfaatkan semua Dou Qi di dalam dunia-dunia itu, efektif menjadi dunia itu sendiri.

Seorang Dou Sheng bintang sembilan merupakan keberadaan tertinggi dari sebuah dunia dunia, tanpa keberadaan lain yang mendekatinya. Setiap tindakan sembarangan seorang Dou Sheng dapat menghancurkan kota, menghancurkan gunung, dan menghancurkan ruang itu sendiri.

11. Dou Di (斗帝)🔥

Dou Di adalah peringkat tertinggi di serial BTTH, jauh di atas yang lainnya. Setara dengan Sovereign Stage di Ten Thousand World, The Great Ruler (TGR). 

Baca Juga: 10 Donghua 3D Terbaik Yang Harus Kamu Tonton 

Tabel Peringkat Kultivasi🔥

Tingkatan Ranah Pinyin Terjemahan Grade Penjelasan
Inggris Indonesia
1 斗之气 Dou Zhi Qi Dou Disciple Murid Dou Bintang 1 - 9 Tahap awal di mana seseorang mulai mengolah dan memahami Dou Qi, energi pertempuran dalam dunia novel ini.
2 斗者 Dou Zhe Dou Practicioner Praktisi Dou Qi Bintang 1 - 9 Seorang petarung yang mampu mengendalikan dan menggunakan Dou Qi dalam pertempuran.
3 斗师 Dou Shi Dou Master Guru Dou Bintang 1 - 9 Praktisi Dou Qi yang telah mencapai tingkatan yang lebih tinggi dalam penggunaan Dou Qi, dan dapat membentuk perlindungan defensif dengan Dou Qi.
4 大斗师 Da Dou Shi Dou Grandmaster Guru Besar Dou Bintang 1 - 9 Praktisi Dou Qi yang mampu menjadikan Dou Qi-nya cukup keras untuk membentuk senjata atau benda keras lainnya.
5 斗灵 Dou Ling Dou Spirit Roh Dou Bintang 1 - 9 Tingkatan di mana Dou Qi seseorang telah mengkristal dan dapat diaplikasikan pada benda lain.
6 斗王 Dou Wang Dou King Raja Dou Bintang 1 - 9 Seseorang yang mampu membentuk sayap Dou Qi dan menarik energi sekitarnya, meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, tetapi masih berguna dalam pertempuran.
7 斗皇 Dou Huang Dou Emperor Kaisar Dou Bintang 1 - 9 Individu yang dapat menyerap jumlah besar Dou Qi dari sekitar dan sementara melayang di udara tanpa sayap.
8 斗宗 Dou Zong Dou Anchestor Leluhur Dou Bintang 1 - 9 Individu yang mencapai puncak kekuatan di kalangan klan kecil atau klan yang lebih rendah.
9 斗尊 Dou Zun Dou Venerate/Venerable Dou Venerate/Venerable Bintang 1 - 9 Pencapaian terbesar di kalangan klan besar atau sekte, yang dapat menghancurkan wilayah dengan kekuatan mereka sendiri.
斗尊巔峯 Dou Zun Dianfeng Peak Dou Venerate Dou Venerate Puncak 1 - 9 Siklus Pada tingkat ini, praktisi Dou Zun akan memadatkan dan menekan Dou Qi dalam tubuhnya sehingga terbentuk ruang baru untuk menampung Dou Qi. Proses pemadatan dan kompresi ini terhitung satu siklus. Dalam satu siklus sendiri, jumlah Dou Qi yang dipadatkan setara dengan Dou Qi Dou Zun bintang 1 - 9.
半圣 Ban Sheng Half-saint Setengah Santo Pemula, menengah, tingkat lanjut Sejatinya bukan merupakan Dou State namun tetap menjadi tahapan yang harus dilalui seorang praktisi untuk memasuki tingkat Dou Sheng. Ini merupakan tingkat transisi.
10 斗圣 Dou Sheng Dou Saint Santo Dou Bintang 1 - 9, setiap tingkat terdiri dari tahap awal, menengah dan akhir Peringkat tinggi di kalangan kultivator yang mampu melampaui batasan manusia dan memperoleh kehidupan yang panjang.
11 斗帝 Dou Di Dou God Dewa Dou Absolute tanpa grade Peringkat tertinggi yang berada di atas semua yang lainnya.

Rujukan: fandom, baidu

__pageEnd

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan